PELATIHAN MENYUSUN MODUL AJAR SECARA HYBRID UNTUK PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SECARA MANDIRI DI SEKOLAH SWASTA KOTA BATAM

Fauziah Nasution, Albert Efendi Pohan, Dahrul Aman Harahap, Tubagus Pamungkas, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum yang fleksibel untuk diterapkan sekolah yang berfokus pada materi pelajaran yang esensial untuk mendorong percepatan penguatan karakter dan peningkatan kompetensi siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila. Atas dasar eksplanasi ini, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia untuk menerapkan kurikulum merdeka secara serentak pada tahun ajaran 2024-2025 baik di sekolah negeri maupun di sekolah swasta. Melalui observasi di Kota Batam, banyak sekolah yang belum siap untuk menerapkan kurikulum merdeka, khususnya sekolah-sekolah swasta. Kegiatan PKM ini dilakukan secara hybrid di Sekolah Globe National Plus Batam dengan tujuan utama untuk memberikan pelatihan dan pendampingan secara intens kepada guru-guru yang mengajar di sekolah swasta untuk menyusun modul ajar sebagai dokumen inti yang harus disiapkan dalam menerapkan kurikulum merdeka. Pelatihan menyusun modul ajar ini dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 8 kali pertemuan yang melibatkan 80 guru mata pelajaran. Hasil evaluasi pelatihan ini menunjukkan: 1) Pelatihan menyusun modul ajar kurikulum merdeka berjalan dengan efektif, efisien, dan praktis. 2) Guru-guru mampu memahami struktur modul ajar dan mampu menyusun modul ajar kurikulum merdeka sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pelatihan ini mendorong Sekolah Globe National Plus Batam siap menerapkan kurikulum merdeka belajar untuk menghasilkan lulusan Profil Pelajar Pancasila.

Keywords


Pelatihan, Hybrid, Modul Ajar, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Afista, Y., Priyono, A., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis Kesiapan Guru Pai Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di MTSN 9 Madiun). Journal of Education and Management Studies, Volume 3(6), 53-60.

Agustyaningrum, N., Nurjanah, A., Rosyidah, H. (2023). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Untuk Mendukung Pengembangan Karier Guru. Minda Baharu, 7(1), 31-41. Doi. 10.33373/jmb.v7i1.5258

Dezhbankhan, F., Baranovich, D.L., Abedalaziz, N., & Dezhbankhan, S. (2021). Impacts of Metacognition Management System (MMS) Training Course on Metacognitive Competencies. International Education Studies; Vol. 14, No. 1; 2021. DOI:10.5539/ies.v14n1p12

Drake, G. (2021), "Assessing the Impact of the National Police Training Program Blue Courage on Officer Attitudes Toward Mental and Emotional Wellness", Policing: An International Journal, Vol. 44 No. 6, pp. 999-1013. https://doi.org/10.1108/PIJPSM-07-2020-0120

Jojor, A & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4(4), 5150-5161.

Kemenritekdikti. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. Dikutip dari laman resmi Kemenritekdikti (https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/) Pada hari Rabu, 19 Oktober 2020 Pukul 17.00 Wib.

Nasution, S. W. (2021). Assessment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Proseding Pendidikan Dasar, Volume 1(1) Desember 135-142.

Pohan, A. E., Edi, W., Putri, A., Nugroho, T., Miftakhi, D.R. (2021). Penguatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Berbasis Blended di Kabupaten Padang Lawas. Minda Baharu, 5(2), 196-207. Doi.10.33373/jmb.v5i2.3424.

Pohan, A. E., Hadiyanto, A., & Azis, D. A. (2021). Virtualization of of Teacher Training on Improving of Online Teaching Competence for the Students of Riau Island University in Indonesia. London Journal of Social and Science, Volume 2(1), 2021

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., dan Prihantini. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education. Volume 6(4), 6313-6319.

Ramadina, E. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mozaik Islam Nusantara, Vol. 7 No. 2. Okotober 2021 Halaman 131-142.

Rofiq, Ahmad Ainur & Arifin, Z. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Madrasah Di MAN I Kota Kediri Ahmad. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 2(2), 137-48.

Sherly, D. E, & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Prosiding FKIP-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin: 183-190.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).

Supriatna, Ucup. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah. Jurnal Ta’Limuna 10(01), 42-54.

Siagian Sondang, (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, PT. Bumi Aksara

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i1.6294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.