PELATIHAN MICROTEACHING UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI KABUPATEN PURWARKATA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baruta, Y. (2023). Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. In Penerbit P4l. Pusat Pengembangan Pendidikan dan penelitian Indonesia.
Danie, S. (2017). Peran Komunikasi Guru secara Pedagogik di English First Samarinda dalam Membimbing Siswa Program Highflyers Berbahasa Inggris yang Baik. Dunia Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 5(3), 553–565.
Efendi, Maharani Pitri, Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan Bertanya Guru Ipa Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-11
Gs, A.D., Luh, N., Sri, W., Ginantra, R., Afriliansyah, T., & Wanto, A. (2024). Workshop Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru-Guru SMK dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. 4(1), 224–233. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2838
Helmiati. (2014). Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Aswaja Pressindo.
Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.381
Laksono, E.A., & Susanto, A. (2020). Mathematics Education Game Using the Finite State Machine Method to Implement Virtual Reality in Game Platformer. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 8–13. https://doi.org/10.25139/inform.v5i1.1860
Lekahena, W.S., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 59–68. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1068
Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.327
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Nasution, F., Pohan, A.E., Harahap, D.A., & Pamungkas, T. (2024). Hybrid Training on Learning Module Preparation for Independent Implementation of the Kurikulum Merdeka at a Private School in Batam City. Minda Baharu, 8(1), 214–231.
Pawartani, T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182–2191. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3478
Pratama, L.D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64
Pratomo, C.I., Nurhuda, T., Soipah, & Noviantie, A. (2024). Pengembangan Profesionalisme Guru dari Perspektif Pedagogik. Jurnal Basicedu, 8(3), 2008–2014. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rukmana, A.Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541
Siahaan, A.U., Aji, S.B., Havwini, T., Fadilah, N., & Sari, M.I. (2024). The Assistance of Creating Learning Media in Effort to Implement The Independent Learning Curriculum in Al Jabar Madrasah Kota Batam. Minda Baharu, 8(1), 36–50.
Siregar, F. S., Syahputri, D., Putri, S. R., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2022). Guru Bahasa Inggris Dengan Teknik Teaching. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 109–115.
Untari, T., Rahmaniah, R., Islami, A. B., & Ihsani, B. Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Microteaching Melalui Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2616
Wicaksono, V.D., Yusuf, A., Paksi, H.P., Windasari, Pramana, A. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Digital Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 26 Oktober 2023. hal. 1-9.
DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i2.6699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.