MICROTEACHING: MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU

Eka Fitrajaya Rahman, Enjun Junaeti, Erna Piantari

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan mengajar guru-guru melalui pendekatan microteaching. Pelatihan ini dirancang untuk membantu para guru dalam mengembangkan teknik pengajaran yang efektif dan interaktif. Metode yang digunakan meliputi seminar, workshop simulasi merencanakan pembelajaran, dan sesi evaluasi. Selama seminar, peserta diberikan teori dan praktik microteaching serta strategi pengajaran inovatif. Simulasi perencanaan pembelajaran dilakukan dengan merancang modul ajar yang dapat digunakan saat praktik Microteaching. Evaluasi dilakukan untuk menilai kemajuan peserta secara komprehensif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan keterampilan mengajar. Peserta juga menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan yang lebih baik dalam menyusun modul ajar serta menerapkan metode pengajaran yang bervariasi. Pendekatan microteaching terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru, khususnya dalam persiapan mengajar, yang diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah.

Keywords


Pelatihan dan Workshop, Microteaching, Keterampilan Mengajar, Modul Ajar

References


Baruta, Y. (2023). Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. In Penerbit P4l. Pusat Pengembangan Pendidikan dan penelitian Indonesia.

Danie, S. (2017). Peran Komunikasi Guru secara Pedagogik di English First Samarinda dalam Membimbing Siswa Program Highflyers Berbahasa Inggris yang Baik. Dunia Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 5(3), 553–565.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan Bertanya Guru Ipa Dalam Pengelolaan Pembelajaran. E-Journal Program P, 4, 5.

Gs, A. D., Luh, N., Sri, W., Ginantra, R., Afriliansyah, T., & Wanto, A. (2024). Workshop Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru-Guru SMK dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. 4(1), 224–233. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2838

Helmiati. (2014). Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Aswaja Pressindo.

Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.381

Laksono, E. A., & Susanto, A. (2020). Mathematics Education Game Using the Finite State Machine Method to Implement Virtual Reality in Game Platformer. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 8–13. https://doi.org/10.25139/inform.v5i1.1860

Lekahena, W. S., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Analisis Gaya Mengajar Guru SMA Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 59–68. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1068

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.327

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Pawartani, T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182–2191. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3478

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64

Pratomo, C. I., Nurhuda, T., Soipah, & Noviantie, A. (2024). Pengembangan Profesionalisme Guru dari Perspektif Pedagogik. Jurnal Basicedu, 8(3), 2008–2014. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rukmana, A. Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541

Siregar, F. S., Syahputri, D., Putri, S. R., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2022). Guru Bahasa Inggris Dengan Teknik Teaching. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 109–115.

Untari, T., Rahmaniah, R., Islami, A. B., & Ihsani, B. Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Microteaching Melalui Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2616

Wicaksono, V. D., Yusuf, A., Paksi, H. P., & ... (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Digital Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/19564%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/19564/9566




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i2.6699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.