PENINGKATAN KOMPETENSI PRAKTEK GURU TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK HANGTUAH BATAM DENGAN PEMBUATAN TRAINER SIMULATOR AIR CONDITIONAL

Yunesman Yunesman, Larisang Larisang, Rizki Prakasa Hasibuan

Abstract


Pendidikan vokasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran penting dalam mencetak tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. Namun, SMK sering kali menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya kompetensi guru dalam pengajaran praktik. Di SMK Hang Tuah Batam, jurusan Teknik Tenaga Listrik mengalami kendala berupa kurangnya pemahaman guru tentang sistem pendingin udara (air conditioner/AC) dan ketiadaan media pembelajaran yang memadai. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan penelitian yang berfokus pada pembuatan Trainer Simulator AC sebagai alat bantu belajar. Penelitian ini melibatkan 9 guru dengan pelatihan yang mencakup teori, praktik perakitan Trainer Simulator AC, dan evaluasi. Pelatihan yang dilaksanakan selama 10 hari ini menghasilkan peningkatan signifikan pada kompetensi peserta, khususnya dalam memahami prinsip kerja AC, troubleshooting, dan perakitan sistem pendingin. Selain itu, Trainer Simulator AC yang dirancang digunakan sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai peserta sebesar 10 poin serta tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelatihan. Penerapan Trainer Simulator AC terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dan mendukung pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kebutuhan industri.

Keywords


PKM;SMK Hang Tuah Batam; Trainer Simulator Air Conditioner

Full Text:

PDF

References


Habibullah, M., Mulyanto, Y., & Sofya, N. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pemandu Wisata Museum Sumbawa Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Quick Response Code (Qr Code). Jurnal Informasi Teknologi dan Sains, 2(2), 136–145. https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i2.596

Hasibuan, R. P., Jarti, N., & Putri, W. L. (2024). Pemberdayaan Remaja Melalui Pelatihan Keterampilan Penggunaan Program Aplikasi Microsoft Office. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 356–363. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.413

Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu Pendidikan Mts Negeri Di Kabupaten Tulungagung. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.68

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Edukasi, 5(2), 3928–3936.

Sumantri, D., Subijanto, S., Siswantari, S., Sudiyono, S., & Warsana, W. (2017). Pengelolaan Pendidikan Kejuruan: Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Tahun. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud. ISBN 9786028613835.

UNESCO. (2021). Futures of education: Learning to become. Paris: UNESCO Publishing.

Yunesman, J. (2021). Rancang Bangun Trainer Simulator Untuk Pelatihan Air Conditional R22. SIGMA Teknik, 4(1), 145–156. https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.5053

Yunesman, J., & Jama, J. A. A. (2021). The Effectiveness Of The Model Employability Skills Learning Based On Trainer Simulator Air Conditioner In Vocational High Schools. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(11), 770–779. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i11.5962

Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Masaliq, 3(5), 810–823.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i2.6888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.