PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI GERAKAN INOVASI LITERASI NUMERASI (GISITERA) BERBASIS STEAM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERBATASAN KABUPATEN SUMENEP

Kurratul Aini, Nur Fitriyah Indraswari, Ali Armadi

Abstract


Gerakan Literasi Nasional (GLN) melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan inisiatif yang sangat penting dalam membangun budaya literasi di kalangan peserta didik dan warga sekolah. Namun pada kenyataannya, kemampuan literasi numerasi masih tergolong rendah, belum ada program pengembangan yang dilakukan sekolah, serta proses pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendampingan implementasi gerakan inovasi literasi numerasi (GISITERA) berbasis STEAM untuk melatih kemampuan literasi numerasi peserta didik sekolah dasar di wilayah perbatasan kabupaten sumenep, tepatnya di SD Negeri Sentol Laok. Hasil kegiatan pengabdian ini diantaranya: 1) pemahaman pengetahuan guru yang menunjukkan peningkatan dari hasil pengerjaan pre-test dan post-test sebesar 35.5; 2) guru mampu mengimplementasikan GISITERA Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dalam proses pembelajaran; 3) peserta didik terlihat antusias dalam belajar sehingga proses pembelajaran lebih bermakna.

Keywords


Literasi, Numerasi, STEAM

Full Text:

PDF

References


Aditya, I., & Budiana, D. (2021). Dampak Terhadap Self-Efficacy dan Motivasi dengan Menggunakan Program Science, Technology, engineering, and Mathematics Melalui Aktivitas Fisik. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 20(2), 143-151.

Aini, K. (2021). Analisis proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228.

Aini, K. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning tipe flipped classroom pada masa pandemi covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42-49.

Aini, K., & Ridwan, M. (2021). Students'higher Order Thinking Skills Through Integrating Learning Cycle 5e Management With Islamic Values In Elementary School. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 142-156.

Aini, K., & Yasid, A. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui hybrid learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7775-7781.

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1). 64-72

Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Pengembangan E-Comic Bagi Guru Sdn Kebunagung II Sumenep. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.

Aini, K., Hidayatillah, Y., AR, M. M., Bahri, S., & Astuti, Y. P. (2023). Pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Palongan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 659-669.

Aini, K., Indraswari, N. F., & Ridwan, M. (2022). Penguatan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Bimbingan Belajar di Rumah Belajar “Rumbel Pena”. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 207-217.

Aini, K., Prihandoko, A. C., Yuniar, D., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The students’ mathematical communication skill on caring community-based learning cycle 5E. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.

AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Big Book Berbasis Steam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.

Ar, M. M., Aini, K., & Hidayatillah, Y. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi-Numerasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Era Merdeka Belajar. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 111-125.

AR, M. M., Asmoni, A., Aini, K., & Wardi, M. (2024). The Relationship of the 5th Batch Campus Teaching Program to Literacy and Numeracy Skills in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1999-2011.

AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.

Faozi, A. K. A., Fatekurohman, M., Aini, K., & Yuniar, D. (2020, May). Student’s problem solving abilities in project based learning (pjbl) based on learning community (lc). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012070). IOP Publishing.

Mu'minah, I. H. (2021, October). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 584-594).

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan soal matematika berbasis literasi numerasi pada siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137-140.

Puspitorini, A., Indraswari, N. F., & Aini, K. (2023). Student mathematics understanding through blended learning approach. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-14.

Sujarwo, S., Safitri, D., Marini, A., & Ibrahim, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Assessment Berbasis Literasi Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar Cisaat Subang Jawa Barat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4329-4336.

Sumarno, W. K., Shodikin, A., Rahmawati, A. A., & Shafira, P. D. (2021). Gerakan Literasi Sains melalui Pengenalan STEAM pada Anak di Komunitas “Panggon Moco” Gresik. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 702-709.

Yuniar, D., Prihandoko, A. C., Aini, K., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The analyze of students’ creative thinking skills on Lesson Study for Learning Community (LSLC) based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012072). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i2.6952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.