APLIKASI MANJAHA MANGETONG : INOVASI BIMBINGAN BELAJAR JARAK JAUH MENGGUNAKAN BANK SOAL UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI DAN BERPIKIR KOMPUTASI

Eni Sumanti Nasution

Abstract


Permasalahan mitra yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini Antara lain, Mitra kurang dalam literasi numerasi dan berpikir komputasi, disebabkan media pembelajaran belum menggunakan teknologi digital dan juga adanya pembelajaran guru langsung hadir di depan kelas sehingga waktu dibutuhkan sangat lama mengakibatkan materi yang dibahas hanya sedikit. Adapun solusi yang ditawarkan kepada mitra yaitu dengan melakukan suatu aplikasi manjaha mangetong dalam bentuk bank soal digital melalui pembelajaran jarak jauh. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan terdiri dari 6 tahap yaitu tahap perencanaan melalui perancangan aplikasi dan instrumen, tahap sosialisasi memberika arahan kepada mitra pentingnya aplikasi ini, tahap pelatihan melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi manjaha mangetong, tahap penerapan teknologi dilakukan melalui aplikasi manajaha mangetong dan pembelajaran jarak jauh, tahap pendampingan evaluasi melalui penyebaran angket dan wawancara, tahap keberlanjutan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan ini. Hasil dari kegiatan ini diperoleh dengan menggunakanan aplikasi manjaha mangetong meningkatkan literasi numerasi dan berpikir komputasi siswa hal ini dapat dilihat bahwa guru dan siswa mampu menggunakan aplikasi ini dengan sangat baik.

Keywords


Aplikasi Manjaha Mangetong, Bimbingan Jarak Jauh, Literasi, Numerasi, Berpikir Komputasi

References


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Siti, Rahman, A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Serliah, Nur, Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (1st ed.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Anggy Giri Prawiyogi, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, & Marwan Firmansyah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15347

Artanti, Y., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tepytha Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 50–60. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.671

Aryatama, A., & Yunita, H. D. (2021). Penerapan Aplikasi Ujian Sekolah Dasar Berbasis Android Pada Sdn Gotong Royong Bandar Lampung. Jurnal Cendikia, 21(2), 216–9436.

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Fhonna, R. P., Hidayat, A. T., & Abdullah, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Bank Soal Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Pada SMP Negeri 2 Nisam Antara. 4(4), 3680–3686.

Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Indriati, D., Putri, H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). WORKSHOP INTERNET-OF-THINGS UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DI PURWAKARTA , JAWA BARAT , GUNA MENUNJANG KOMPETENSI ERA INDUSTRI 4 . 0 1 Universitas Pendidikan Indonesia . Email : syifaulfuada@upi.edu Universitas Pendidikan Indonesia . Email : ichwan. 4(2), 39–52.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Nuraini, F., Agustiani, N., & Mulyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3067–3082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2672

Nurcahyono, N. A., Kunci, K., Literasi, K., Numerasi, K., & Pembelajaran, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 2988–7763. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924

Nurhayati, A., & Rohmadi, Nf. (2023). Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh: Implementasi Pemanfaatan Media Radio. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 342. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p342--362

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

RACHMANINGRUM.F.A. (2017). Pengembangan Ujian Online Berbasis Bank Soal pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya. It-Edu, 2(01), 141–147.

Safrina, A. L., Yustiana, S., & Afandi, M. (2020). Pengembangan Bank Soal Berbentuk Kartu Berorientasi Hots Di Sd (Development of Card Formed of Study Exercises Compilation Oriented By Hots in Elementary School). Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 1–8.

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v8i2.6957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.