PENGARUH HARD SKILL, SOFT SKILL, DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI PESERTA PELATIHAN

Sri Langgeng Ratnasari, Okhe Alivhia Thiyarara

Abstract


Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber yang terpenting dalam suatu organisasi, hal ini dikarenakan kualitas sumber daya manusia menentukan kesuksesan dalam pencapaian tujuan. Pengelolaan sumber daya manusia selalu dilakukan oleh setiap organisasi agar memberikan produktivitas pegawai yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Hard skill, Soft skill, dan Pelatihan terhadap Produktivitas Pegawai Peserta Pelatihan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai peserta pelatihan sebanyak 80 pegawai, sampel yang digunakan sebanyak 44 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f . Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Hard skill berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai peserta pelatihan. Soft skill berpengaruh tidak signifikan terhadap Produktivitas Pegawai Peserta Pelatihan. Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Pegawai Peserta Pelatihan. Hard skill, Soft skill, Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap  Produktivitas Pegawai Peserta Pelatihan.


Keywords


Produktivitas Pegawai, Hard skill, Soft skill, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Chotimah, C. (2013). Hard Skill and Soft Skill Dalam Peningkatan Produktivitas. Http://chusnulnuna.blogspot.co.id, di akses 14 Desember 2017.

Hadi, M. A. (2015). Praktis Mengelola Sumber Daya Manusia Perusahaan. Surakarta: PPE Press.

Hamali, Arif Yusuf. (2017). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia - Strategi Mengelola Karyawan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Indriyani, S. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Paradise Island Furniture. Jurnal Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta (http://eprints.uny.ac.id), di akses 14 Desember 2017.

Nuryana, I., & Triwahyudiyanto. (2016). Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill Terhadap Kinerja Siswa Prakerin SMK Modern Al–Rifa’ie (Studi Pada Siswa Prakerin SMK Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi), Vol: 1 (http://ejournal.unikama.ac.id), di akses 14 Desember 2017.

Priansa, D. J. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Pertanian, I. (2017). Disnaker Batam Siapkan Pelatihan Gratis Bagi Pencari Kerja. Ed. Tri. I. (http://batam.tribunnews.com/2017/02/06/disnaker-batam-siapkan-%0Apelatihan-gratis-bagi-pencari-kerja-berminat?). Di akses 14 Desember 2017.

Ratnasari, S. L. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Semesta Anugrah.

Ratnasari, S. L. (2012). Budaya Organisasi. Surabaya: UPN Press.

Ratnasari, S. L. (2018). Manajemen Operasi. Batam: UNRIKA Press.

Ratnasari, S. L. (2019). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ratnasari, S. L., dan Hartati, Yenni. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Salinding, R. (2011). Analisis Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Erajaya Swasembada Cabang Makasar. Universitas Hasanuddin Makasar (http://repository.unhas.ac.id), di akses 14 Desember 2017.

Sutrisno, B. (2016). Profil Model Pembelajaran Soft Skill Pada SMK Bidang Ekonomi Di Surakarta (Kajian Aspek Apa; Mengapa; dan Bagaimana ). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (Online), Vol: 26 (http://journals.ums.ac.id), di akses 14 Desember 2017.

Wahyuni, I. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Kayawan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Perhubungan Bogor. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan Jakarta (http://www.coursehero.com), di akses 14 Desember 2017.

Wahyuni. (2016). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar (http://repositori.uin-alauddin.ac.id), di akses 14 Desember 2017.

Widayanti, R. (2012). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Kandatel Malang). Jurnal Dinamika Dotcom (Online), Vol: 3, No.2 (http://ejurnal.stimata.ac.id), di akses 14 Desember 2017.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i2.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.