PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, EMOTIONAL BRANDING, DAN QUALITY SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Pengaruh experiential marketing, emotional branding, dan quality service terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada pelanggan produk over the Counter/otc dan consumer pada pt.dos ni Roha coorporation cabang batam Periode 2016-2018)
Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh experiential marketing, emotional branding, dan service quality terhadap kepuasan konsumen (studi kasus pada pelanggan PT Dos Ni Roha Coorporation). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 84 responden yang merupakan konsumen PT Dos Ni Roha Coorporation. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling,kemudian data di proses menggunakan analisa regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial experiential marketing, emotional branding dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan service quality masih berpengaruh terhadap kepuasan konsumen walaupun tidak signifikan. Secara simultan terbukti bahwa experiential marketing, emotional branding, dan service quality berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,501 yang berarti semua variabel independen dapat menjelaskan sebesar 50,1% terhadap variabel dependen. Sementara sisanya 49,9% dapat dijelaskan oleh faktor – faktor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aryani, Dwi (2010). “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Universitas Indonesia, Vol. 17, No. 2, hal. 114-126.
Ghozali, Pamela, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam.(2012). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20”, Universitas Diponegoro, Semarang.
Gobe, Marc. (2005) “Emotional Branding : Paradigma Baru Untuk Menghubungkan Merek Dengan Pelanggan”, PT. Erlangga, Jakarta.
Hamzah, Amir. (2009) “Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding, dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek Mentari”. JurnalUsahawan, hal. 22-28. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1, hal. 1-8, ISSN:1092-1121.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong,(2012) “Prisip-Prpnsip Pemasaran ed 8 ”, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012), “Marketing Management”, New Jersey : Prentice-Hall Published.
Limakrisna, Nanda, dan Susilo, W. H. (2012) Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis, Jakarta : Mitra Wacana Media.
Novia, Vivi.(2012) “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty”, Jurnal Manajemen, Vol.3, No.2.
Pamela E.N (2016) “Pengaruh brand image,harga dan kualitas produk terhadap keputusan pemebelian ban forklift merek, annair di kota Batam”, journal.binus. ac. id/index.php/JBSE/article/download/275/269, 25 Januari 2020.
Rini, Endang Sulistya.(2009) “Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experiential Marketing”. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2. Nomor 1.15- 20, Januari. ISSN 1101-1211.
Sugiyono,(2009) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Alfabeta, 2011. Suharyadi, Purwanto S.K, “Statistik : Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern”,Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono, Prof. Dr. (2014). “Metode Penelitian Bisnis” (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Alfabeta, CV.
Suyanto, A.M.A. (2013) “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Manajemen & Bisnis, Vol. 04, No. 02, Univesitas Telkom. ISSN: 2110-1116.
Suyoto, Danang. (2014). “Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen . ANDI. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. (2011) “Service, Quality & Satisfaction”, edisi ketiga, Penerbit Andi. Jakarta.
Widjoyo, Iksan Ongko. (2013) “Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat
http://www. https://ekonomi.bisnis.com/ diakses pada November 2019
http://www.http://imshealthmidas.com/ diakses pada November 2019
DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i2.2701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.