Analisa Persepsi Masyarakat terhadap Pendirian Pasar Tradisional “Pasar Pasir Putih” Di Kecamatan Batam Kota
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat sekitar Lokasi Pasar Pasir Putih atas pendirian pasar tradisional dilokasi tersebut ditinjau dari aspek sosial dan ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, kualitatif, dengan populasi penelitian adalah Masyarakat yang berada sekitar Lokasi pendirian Pasar tradisional “ Pasar Pasir Putih “. Sampel yang digunakan dalam pemilihan data menggunakan Nonpropability Sampling, dengan standar deviasi 15 % . Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa dari indicator yang diukur iperoleh nilai R 0,571 artinya 57,1 % terwakili untuk menganalisa persepsi masyarakat dan secara keseluruhan persepsi masyarakat ditinjau dari aspek sosial dan ekonomi memberikan persepsi yang positif terhadap pendirian pasar tradisional pada lingkungan tersebut dengan memperhatikan aturan yang berlaku dan kebersihan lingkungan.
Ditinjau dari dampak yang muncul atas pendirian pasar tradisional dilingkungan Pasar pasir Putih tersebut lebih banyak memberikan dampak yang positif.
Keyword : Pasar Tradisional , Persepsi Masyarakat
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alberto Bisin - Danilo Guaitoli,(2002). Social Capital, Modernization and Growth, New York University - Universitat Autonoma de Barcelona; UFAE/IAE Working Papers, 545.02, UAB
Alexander, J. (1987). Trade, Traders, and Trading In Rural
Java. Oxford University Press. New York Alice G. Dewey (1961). Peasant Marketing in Java Belshaw, CS, (1981). Tukar Menukar Tradisional dan
Pasar Modern, PT Gramedia. Jakarta
Buchari Alma, (2009), Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran.
David W. Cravens, (1996). Strategi Pemasaran Edisi ke
Empat, jilid 2. Erlangga.
Dinas Indag, Provinsi Jawa Barat, (2007) Model
Revitalisasi Pasar Tradisiona.
Fandy Tjiptono, (2002). Strategi Pemasaran, Andi
Yogyakarta.
Lamb, Hair, Mc.Daniel. (2001). Pemasaran, Buku 2, Salemba Empat.
Nielson, C. (2003). Modern Supermarket (Terjemahan AW Mulyana). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Philip Kotler, (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi
Milenium Jilid 2, Prenhallindo, Jakarta.
Ramalis S.P, (2002). Redefining the Pasar: Trading Enterprise, Livelihood, And Urban Governance In Urban Markets In West Java, Vriye Univesiteit Ph.D desertation.
Sanderson, Stephen K. 1993. Sosiologi Makro, Rajawali.
Jakarta
Setiyanto, (2008). Masa Depan Pasar Tradisional, Bahan
Presentasi CPMU-USDRP Ditjen Cipta Karya
Sinaga, Pariaman. (2004). Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta : Tidak Diterbitkan.
Suryadharma, (2008). Dampak Supermarket Terhadap Pasar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia, SMERU RESEARCH INSTITUTE
www.detikfinance.com, Kemendag Baru Revitalisasi 913
Pasar Tradisional, 17/07/2010
DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v4i1.2948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.