Analisa Persepsi Masyarakat terhadap Pendirian Pasar Tradisional “Pasar Pasir Putih” Di Kecamatan Batam Kota

Jayana Salesti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat sekitar Lokasi Pasar Pasir Putih atas pendirian pasar tradisional dilokasi tersebut ditinjau dari aspek sosial dan ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, kualitatif, dengan populasi penelitian adalah Masyarakat yang berada sekitar Lokasi pendirian Pasar tradisional “ Pasar Pasir Putih “. Sampel yang digunakan dalam pemilihan data menggunakan Nonpropability Sampling, dengan standar deviasi 15 % . Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa dari indicator yang diukur iperoleh nilai R 0,571 artinya 57,1 % terwakili untuk menganalisa persepsi masyarakat dan  secara keseluruhan persepsi masyarakat ditinjau dari aspek sosial dan ekonomi memberikan persepsi yang positif terhadap pendirian pasar tradisional pada lingkungan tersebut dengan memperhatikan aturan yang berlaku dan kebersihan lingkungan.

Ditinjau dari dampak yang muncul atas pendirian pasar tradisional dilingkungan Pasar pasir Putih tersebut lebih banyak memberikan dampak yang positif.

 

Keyword : Pasar Tradisional , Persepsi Masyarakat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alberto Bisin - Danilo Guaitoli,(2002). Social Capital, Modernization and Growth, New York University - Universitat Autonoma de Barcelona; UFAE/IAE Working Papers, 545.02, UAB

Alexander, J. (1987). Trade, Traders, and Trading In Rural

Java. Oxford University Press. New York Alice G. Dewey (1961). Peasant Marketing in Java Belshaw, CS, (1981). Tukar Menukar Tradisional dan

Pasar Modern, PT Gramedia. Jakarta

Buchari Alma, (2009), Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran.

David W. Cravens, (1996). Strategi Pemasaran Edisi ke

Empat, jilid 2. Erlangga.

Dinas Indag, Provinsi Jawa Barat, (2007) Model

Revitalisasi Pasar Tradisiona.

Fandy Tjiptono, (2002). Strategi Pemasaran, Andi

Yogyakarta.

Lamb, Hair, Mc.Daniel. (2001). Pemasaran, Buku 2, Salemba Empat.

Nielson, C. (2003). Modern Supermarket (Terjemahan AW Mulyana). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Philip Kotler, (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi

Milenium Jilid 2, Prenhallindo, Jakarta.

Ramalis S.P, (2002). Redefining the Pasar: Trading Enterprise, Livelihood, And Urban Governance In Urban Markets In West Java, Vriye Univesiteit Ph.D desertation.

Sanderson, Stephen K. 1993. Sosiologi Makro, Rajawali.

Jakarta

Setiyanto, (2008). Masa Depan Pasar Tradisional, Bahan

Presentasi CPMU-USDRP Ditjen Cipta Karya

Sinaga, Pariaman. (2004). Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta : Tidak Diterbitkan.

Suryadharma, (2008). Dampak Supermarket Terhadap Pasar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia, SMERU RESEARCH INSTITUTE

www.detikfinance.com, Kemendag Baru Revitalisasi 913

Pasar Tradisional, 17/07/2010




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v4i1.2948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.