ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH PADA BANK BPR MAJU SEJAHTERA BATAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pengaruh citra bank, kepercayaan nasabah dan pelayanan mempengaruhi loyalitas nasabah, serta mengetahui ada atau tidaknya hubungan antar variable tersebut dilihat dari fenomena yang terjadi dengan keberadaan nasabah pada Bank BPR Maju Sejahtera Batam.Dalam penelitian ini jumlah sampel adalah 96 orang nasabah ditentukan berdasarkan perhitungan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10 %. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi berganda, dimana sebelumya dilaukan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik.Penelitian ini menghasilkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variable loyalitas nasabah dimana nilai t hitung (1,770 < t table (2,000) dan tingkat signifikan 0,080 lebih besar dari (0,05). terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variable kepercayaan nasabah terhadap variable loyalitas nasabah dimana nilai t hitung (2,770 > t table (2,000) dan tingkat signifikan 0,007 lebih kecil dari (0,05).terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variable pelayanan terhadap variable loyalitas nasabah dimana nilai t hitung (4,857 > t table (2,000) dan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari (0,05).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i1.3582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.