KAPABILITAS AMBIDEKSTERITAS INOVASI: APAKAH FAKTOR DEMOGRAFI UKM KREATIF FESYEN YOGYAKARTA MEMILIKI PERANAN PENTING?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan temuan empiris sejauhmana faktor demografi (edukasi, lokasi perusahaan, dan gender) sebagai driver ambideksteritas inovasi memberikan perbedaan dalam penciptaan kemampuan ambideksteritas. Studi ini juga memeriksa pengaruh ambideksteritas inovasi pada kinerja perusahaan. Studi ini menggunakan desain penelitian eksplanatori dengan mensurvei total 205 pemilik/manajer UKM fesyen di Yogyakarta, Indonesia, menggunakan kuesioner semi-terstruktur. Analisis jalur dan independent t-test digunakan dalam penelitian ini menggunakan Jamovi dan WarpPls. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa drivers edukasi dan lokasi perusahaan memberikan pencapaian hasil ambideksteritas inovasi yang berbeda bagi kelompok perusahaan, namun gender pemilik UKM tidak memberikan perbedaan signifikan pada pencapaian ambideksteritas. Temuan selanjutnya juga menunjukkan hasil signifikan hubungan antara ambideksteritas inovasi dan kinerja perusahaan. Studi ini juga memberikan implikasi praktis bagi pelaku UKM untuk mempertimbangkan penciptaan ambideksteritas, dengan menggunakan sumberdaya internal dan eksternal namun juga harus mempertimbangkan strategi bahwa “segala sesuatu yang berlebihan tidak selalu baik dan sebaliknya”. Penelitian ini memberikan orisinalitas dengan menggunakan teori kemampuan dinamis dengan mengintegrasikan sumberdaya perusahaan untuk lebih memahami bagaimana ambideksteritas inovasi mempengaruhi kinerja perusahaan dan perbedaan pencapaian ambideks melalui berbagai driver (edukasi, lokasi perusahaan, gender).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i1.4223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.