TAHAP PERKEMBANGAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep pendidikan karakter berbasis nilai-nilai islam. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan-landasan pendidikan karakter dalam Islam adalah alquran, al-hadits dan takwa. Dalam pendidikan karakter berbasis Alquran dan Hadist, materi pendidikan secara garis besar dapat dikelompokkan dalam tiga dimensi nilai akhlak yaitu akhlak terhadap Allah Swt, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap alam semesta. Islam sebagai kerangka konsep dalam pendidikan karakter dengan memahami konsep manusia yang memiliki unsur jasmani ruhani dan nafsani, serta konsep fitrah yang mengedepankan potensi keberagamaan dan condong kepada kebenaran. Maka Islam sebagai basis pendidikan karakter berupaya untuk mengembangkan manusia dalam aspek fisik jasmani, aspek spiritual, aspel emosi, dan aspek intelektual.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Yatimin. Studi akhlak dalam perspektif alquran. Jakarta: Amzah, 2007.
Anggi Fitri. “Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (30 Juli 2018). http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/952.
Darmadi, Darmadi. Menyemai Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. CV. Kekata Group, 2019.
Hamka. Tasawuf Modern. Jakarta: Yayasan Nurul Islam, 1981.
Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. 1 ed. Bandung: Insan Komunika, 2012.
Kambali, Kambali, Ilma Ayunina, dan Akhmad Mujani. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karater Siswa Di Era Digita (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata).” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1 (3 September 2019): 1–19. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.106.
Majid, Abdul, Anang Solihin Wardan, dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Indonesia: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kelima. Rawamangun, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Sajadi, Dahrun. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (6 November 2019): 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510.
Santi, Komputri Apria, dan Sefri Kandi Ja’far Yazid. “Konsep Pemikiran Ahmad Tafsir Dalam Ilmu Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (30 Juni 2020): 63–77. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i1.65.
Shihab, M Quraish. Wawasan AlQur’an. Bandung: Mizan, 1996.
Sobirin, M. “Konsep Ahmad Tafsir Tentang Pendidikan Islam Sebagai Usaha Membentuk Insan Kamil.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, 2009. https://core.ac.uk/download/pdf/45435305.pdf.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Zubaedi. Disain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2013.
DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.