Hubungan Pemahaman Masyarakat Mengenai Kebudayaan Kepulauan Riau terhadap Daya Beli Batik Gonggong

Miftah Amalia Hasibuan, Alifia Delviyanti, Kiki Devita Sari, Ivanika Satria, Nailul Himmi

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin tinggi menyebabkan tergerusnya pemahaman terhadap kebudayaan. Apabila masyarakat tidak memiliki rasa pemahaman terhadap suatu produk dapat mempengaruhi terhadap daya beli yang memiliki unsur budaya. Untuk itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pemahaman masyarakat terhadap kebudayaan KEPRI terhadap daya beli batik gongong. Instrument yang digunakan berupa angket sudah valid dan reliable yaitu angket pemahaman masyarakat sebanyak 20 pertanyaan (r11= 0.863) dan angket daya beli sebanyak 12 pertanyaan(r11 = 0.858). Metode penelitian secara kuantitatif dengan populasi masyarakat kota Batam dan sampel sebanyak 108 orang secara simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan Korelasi Kendal Tau. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman masyarakat mengenai kebudayaan Kepri terhadap Daya Beli Batik Gonggong dengan besaran korelasi 60.2% kategori hubungan kuat. Untuk itu diperlukan edukasi pemahaman masyarakat, melakukan inovasi suatu produk, serta memilih strategi pasar yang tepat agar daya beli batik gonggong lebih meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alexon & Sukmadinata, N.S. (2010). Pengembangan Model Pembelejaran Terpadu Berbasis Budaya untuk Meningkatkan APresiasi Siswa terhadap Budaya Lokal. Cakrawala Pendidikan. Vol 24 No 2

Asmoro, Akbar Ariza. (2021). Hubungan Inovasi Produk Makanan Terhadap Minat Beli Masyarakat di Gresik. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam. Vol 4 No 1

BPS Kota batam (2021). Kota Batam Dalam Angka 2021. Batam: BPS Kota Batam

Cahyaningrum, N., & Sukestiyarno, Y. L. (2016). Pembelajaran REACT berbantuan modul etnomatematika mengembangkan karakter cinta budaya lokal dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 50-59.

Efendi, dkk. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Sebagai Pelanggan Tetap Di Toko Roti Athira Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora. Vol 4 No 2

Fikri, M.K, Filzah, A. & Imani, M.F., (2022). Pengaruh Kreatif, Inovasi dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol 2 No 1

Hanafi, Agustina, L.A. 2021. Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Produk dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Dalam Berasuransi Syariah (Studi Pada Desa Kabandungan Kabupaten Sukabumi). Jurnal Syar’insurance (SIJAS). Vol 7 No 1

Hernaningsih, F. (2018). Pengaruh Kestabilan Inflasi Dan Ketimpangan Pendapatan Terhadap Daya Beli Masyarkat. Jurnal Ilmiah M-Progress, 8(2).

Idris, I., Saade, A., & Surya, S. S. P. K. (2021). Evaluasi Pemahaman Masyarakat tentang Pemotongan Halal RPU di Kota Makassar. Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan, 17(2), 79-86.

Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. (2003). Revitalisasi peran serta agamawan dalam pemulihan dan pengembangan pariwisata Nusantara (Doctoral Dissertation, PP-LPNU & Kementerian tsb).

Leonardo, S. 2018. Batik Gonggong. URL: https://budaya-indonesia.org/BatikGonggong. Diakses tanggal 23 Februari 2022.

Lubis, S. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Sambur, N. C. P. (2015). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Setiati, Destin Huru. 2007. Membatik Yogyakarta: PT Macanan Jaya Cemerian

Siregar, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group

Suharson, Arif. (2021). Batik dalam Konstelasi Budaya Global Merajut Kembali Nilai-nilai Estetika, Etika dan Religius. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik. Oktober 2021

Susilo, E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Masyarakat Desa Terhadap Produk Perbankan Syariah (Studi Di Desa Sumber Jaya Jati Agung Lampung Selatan) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Triwardani, R & Rochayanti, C. (2014). Implementasi Kebijakan Desa Budaya dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Reformasi. Vol 4 No 2

YULIYANTO, S. A. Memperkuat Karakter Cinta Budaya Lokal dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.