PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN KUALITAS SISTEM INFORMASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK

Yentina Siregar, Wanda Novita Sari, Wanda Novita Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan terhadap kepuasan wajib pajak (studi kasus wajib pajak orang pribadi di KPP Batam Pratama). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Hal ini terlihat dari kualitas pelayanan dengan thitung 17,066 > ttabel 1,979 dan nilai sig. 0,00< α 0,05, kualitas sistem informasi perpajakan thitung 15,755 > ttabel 1,979 dan nilai sig. 0,00 < α 0,05, kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, dibuktikan dengan nilai Fhitung 390,224 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi (sig.) 0,00 < α 0,05.

 

Keywords: Kualitas pelayanan pajak, Kualitas sistem informasi perpajakan, Kepuasan wajib pajak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.