PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN KUALITAS SISTEM INFORMASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan terhadap kepuasan wajib pajak (studi kasus wajib pajak orang pribadi di KPP Batam Pratama). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Hal ini terlihat dari kualitas pelayanan dengan thitung 17,066 > ttabel 1,979 dan nilai sig. 0,00< α 0,05, kualitas sistem informasi perpajakan thitung 15,755 > ttabel 1,979 dan nilai sig. 0,00 < α 0,05, kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, dibuktikan dengan nilai Fhitung 390,224 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi (sig.) 0,00 < α 0,05.
Keywords: Kualitas pelayanan pajak, Kualitas sistem informasi perpajakan, Kepuasan wajib pajak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN Barcode:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.