ANALISIS KONSEP SISTEM REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Hendrizal Hendrizal, Miranda Beggy, Afriza Afriza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dasar yang terkait dengan sistem rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di berbagai lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan studi pustaka, dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait topik ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan adalah langkah kunci dalam memastikan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan. Teori-teori yang terkait dengan rekrutmen dan seleksi, seperti prinsip-prinsip yang harus diperhatikan, metode-metode yang dapat digunakan, dan tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi, menjadi pokok bahasan utama dalam penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya integrasi teori ini dalam konteks pendidikan modern, di mana perubahan teknologi dan tuntutan masyarakat menuntut pendekatan yang lebih efektif dalam memilih dan mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas. Implikasi praktis dari analisis ini adalah pentingnya organisasi pendidikan untuk memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip rekrutmen dan seleksi yang sesuai untuk memastikan penyediaan tenaga pendidik dan kependidikan yang handal dan berkualitas. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami landasan teoritis yang mendasari sistem rekrutmen dan seleksi dalam konteks pendidikan, serta dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan dan praktik-praktik terkait sumber daya manusia dalam bidang pendidikan

Keywords


Recruitment System, Selection, Teaching Personnel, Educational Personnel

Full Text:

PDF

References


Alfiyanto, A. (2022). Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Baru di SMA Nurul Palembang. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 30–41. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v12i1.1741

Bafadal, I. (2008). Penigkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.

Farabi, M. Al, Tanjung, Z., & Irawan, R. (2021). Epistemologi Nalar Bayani, Burhani dan Irfani dalam Pengembangan Studi Islam. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(September 2021), 225–235. http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/91

Hadiono, A. F., & Inayah, I. F. (2020). Pengaruh Sistem Rekrutmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terhadap Mutu Pendidikan Yayasan Pendidikan dan Sosial Pondok Pesantren Al-Fadl Banyuwangi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi JMPID ( Jurnal Mana. 7146(April), 185–203. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jmpid/article/view/665/445

Hajjaj, W. A., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Sistem rekrutmen dan seleksi pendidik berstandar islami. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies., VII.

Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah,. PT Bumi Aksara.

Indah Rosanti Dwi & Budiyanto. (2014). Pengaruh Pendidikan, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Lati Prayogi. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol. 3 No.

Kasmir. (2012). Manajmen sumner daya manusia teoro dan praktik.,. Rajawali Pres.

Panduan Diklat, Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Sekolah. (2008). Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Simamora, H. (1997). Manajemen Sumberdaya Manusia. STIE YKPN.

Sunyoto, D. (2013). Sumber Daya Manusia, Teori, Kuisioner Dan Analisis Data.

Surianti. (2021). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bantaeng. STIE Nobel Indonesia.

T. Hani Handoko. (2016). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Widodo, R., & , Nabilah Saputri, N. I. (2022). Strategi Rekrutmen Sdm Untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Pendidikan Terintegrasi Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits (MTS dan MA). Jurnal Kependidikan Islam, Volume 12, hlm. 171 – 181.

Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Abdillah (Ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v11i1.5938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.