Redesain Logo Dan Kemasan CV Berkah Florist Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering

Meylia Vivi Putri, Widi Nugraha, Aidilla Fitriyani

Abstract


CV Berkah Florist merupakan sebuah nama usaha rumahan kerajinan tangan dalam merangkai bunga. Namun terdapat beberapa keluhan dari konsumen pada logo dan kemasan, seperti logo tidak berciri khas dan kemasan terlalu monoton serta bahan terlalu kaku sehingga sulit untuk membungkus bunga ukuran besar sehingga mudah rusakk. Penelitian ini membahas perancangan logo dan kemasan Berkah Florist dengan menggunakan metode Kansei engineering. Metode Kansei engineering merupakan salah satu metode perancangan dengan menggunakan pendekatan emosional responden (Hartono, 2020). Dalam metode kansei terdapat tiga langkah utama penelitian. Langkah pertama menggumpulkan kansei words dan melakukan strukturisasi kansei words. Kedua menentukan faktor-faktor dari hasil tanggapan 34 responden dan menghitung keterkaitan antara faktor dengan variabel yang terkait didalamnya. Ketiga pemodelan untuk setiap masing-masing faktor(Rahmayani, et al, 2015). Dari hasil penelitian ini bisa diambil kesimpulan bahwa terdapat beberapa kata-kata kansei yang mempengaruhi penentuan desain logo dan kemasan yang baru, yaitu: untuk logo adalah berciri khas, tulisan jelas, informatif, menarik, modern dan kuat. Sedangkan untuk kemasan adalah sederhana, bagus, ergonomis, kuat, unik dan meyakinkan. Hal ini akan memudahkan CV Berkah Florist untuk merancang logo dan kemasan yang baru, disesuaikan dengan kansei words yang terpilih.

Keywords


Berkah Florist, Logo, Kemasan, Kansei Engineering, Kansei

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v11i1.6376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.