Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Hidroponik (Studi Pada Generasi Z Di Cikarang)

Siti Hazar Nurelisah, Muhamad Ekhsan, Tri Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pembelian ulang produk hidroponik pada Generasi Z di Cikarang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif terhadap 100 responden generasi Z yang bekerja di Cikarang, dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan SmartPLS untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih kuat minat pembelian ulang. Implikasi penelitian, organisasi perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan harga guna meningkatkan minat pembelian ulang generasi Z. Penelitian selanjutnya perlu mempertimbangkan variabel-variabel tambahan yang berpotensi memengaruhi minat pembelian ulang.

Full Text:

PDF

References


AM, M. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Bayhaqi, Y. (2006). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Minat Membeli Ulang (Studi Kasus: Pada Auto Bridal Semarang). Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Christian, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing pada XTrans Cabang Cihampelas di Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59–69.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis: Pearson new international edition. Essex: Pearson Education Limited, 1(2).

JOUR, T.-, & AU - Shatto, B. (2016). Moving on From Millennials: Preparing for Generation Z. DO - Nursing, JO - Journal of Continuing Education in -, ER, VL-10.39.

Kim, C., Galliers, R. D., Shin, N., Ryoo, J.-H., & Kim, J. (2012). Factors influencing Internet shopping value and customer repurchase intention. Electronic Commerce Research and Applications, 11(4), 374–387.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi.

Lestari, P. D., Firdaus, M., & Hidayah, T. (2013). Analisis Pengaruh Layanan, Harga, Dan Kualitas Produk Pakaian Wanita Yang Dijual Secara Online Melalui Group Blackbery Messenger Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Stie Mandala Jember). RELASI: JURNAL EKONOMI, 17.

Oliver, R. L. (2006). Customer satisfaction research. The Handbook of Marketing Research: Uses, Misuses, and Future Advances, 1, 569–587.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi. 2002. Mnj. Jasa. Yogyakarta: Andy Ofset.

Tjiptono, F., & Candra, G. (2012). Pemasaran strategik edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardani, T. U. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bisnis jasa transportasi gojek (studi kasus mahasiswa Febi UIN Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v11i1.6379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.