PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Sumiati Sumiati, Afriza Afriza, Agustiar Agustiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualifikasi Akademik dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pondok Pesantren di Kabupaten Kepulauan Anambas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada sekolah menengah pertama Khaira Ummah Islamic Boarding School dan Sekolah Menengah Pertama Assuniyah II Palmatak sebanyak 33 orang guru, sedangkan sampelnya menggunakan sampel jenuh dengan sampel seluruh populasi sebanyak 33 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) kualifikasi akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pada sekolah menengah pertama berbasis pondok pesantren di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih kecil dari t tabel (1.469 < 1.697) dengan nilai sig. 0,152 > 0,05, dengan besar kontribusi 6,5 %, 2) Iklim Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pada sekolah menengah pertama berbasis pondok pesantren di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (2.740 > 1.697) dengan nilai sig. 0.010 < 0.05, dengan besar kontribusi 19,5 %, 3) kualifikasi akademik dan iklim organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru pada sekolah menengah pertama berbasis pondok pesantren di Kabupaten Kepualuan Anambas. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel (3.860 > 3.285) dengan besar kontribusi 20,5%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 20,5%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v11i1.6666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.