ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PT. SURYA MADISTRINDO BATAM
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen pada PT. Surya Madistrindo Batam”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen PT. Surya Madistrindo batam, serta untuk menganalisis dari variabel bebas mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk PT. Surya Madistrindo Batam. Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif yang di peroleh dari jawaban kuesioner yang di sebarkan kepada sejumlah responden dengan jumlah populasi 773 nasabah, jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 89 responden di tentukan dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, dan teknik pengujian data pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dapat di simpulkan. Pertama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (citra produsen) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan nilai thitung 2.051 > ttabel 1,663 serta memiliki nilai signifikan sesbesar 0,043 yang lebih kecil dari 0,05. Kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (citra konsumen) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan nilai thitung 2.079 > ttabel 1,663 serta memiliki nilai signifikan sebesar 0,041 yang lebih kecil dari 0,05. Ketiga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (citra produk) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan nilai thitung 2.336 > ttabel 1,663 serta memiliki nilai signifikan sebesar 0,022yang lebih kecil dari 0,05. Dari ketiga variabel bebas diatas, variabel citra produk yang memberikan pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk rokok. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan (0,022) lebih signifikan di banding variabel lainya.
Full Text:
PDFReferences
Adelina, Rosa. 2010. Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen Pizza Hut Semeru Malang. Skripsi
Alma Buchari. 2003. Pemasaran Strategik. Cetakan Kesatu, Penerbit Alfabeta, Bandung
Boyd dkk. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid Satu, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta
Dharmessta, Basu Swastha dan Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Penerbit BPFE, Yogyakarta
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS, BP Undip
Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Prenada Media, Jakarta
Kotler, Philip, Keller, Lane, Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid Satu, Penerbit : Erlangga, Jakarta
Riduwan dan Akdom. 2007. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik. cetakan kedua, Penerbit : Alfabeta, Bandung
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business : Studi Kasus UMK & LKM. Edisi Asli, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Cetakan Pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta
Salusu, I. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Penerbit : Grasindo, Jakarta.
Simamora Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. cetakan ketiga, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi dengan Metode, R & D. edisi revisi cetakan ketujuhbelas, Penerbit : Alfabeta Bandung
Tansir, Tommy. 2012. Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Blackberry Pada Perusahaan Ruby Celluler di Makassar. Skripsi Universitas Atma Jaya Makassar
Usmara, Usi. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Cetakan Pertama, Penerbit Amara Books, Yogyakarta
Yonanda. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian handphone Blackberrry. Universitas Diponegoro Semarang.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v1i1.221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.