PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian di Permata Riau Jaya (Patria Tour and Travel) Batam. Bahwa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel dari populasi penelitian ini adalah pengguna jasa di Permata Riau Jaya (Patria Tour and Travel) sebanyak 60 responden. Metode pengumpulan datanya adalah kuesioner. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16.0. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dan asosiatif dengan metode analisis dan uji data (Uji Asumsi Klasik, Metode Perkalian Regresi Linier, dan Uji Hipotesis). Hasil yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh negatif dilihat dari t hitung 1,631 dengan signifikansi 0,108 lebih dari 0,05. Sedangkan untuk promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dapat dilihat dari hasil t hitung 2,554 dengan signifikansi 0,013 lebih kecil dari 0,05. Pengujian variabel bebas pengaruh sekaligus variabel terikat dilakukan dengan menggunakan uji F dengan batas signifikan atau lebih dari 0,05. Hasil statistik rekapitulasi menunjukkan F hitung = 12.535 dengan pengaruh hipotesis secara simultan. Service Quality dan technical terus ditingkatkan promosi yang jujur dan meskipun merupakan perusahaan yang memiliki citra tertinggi di konsumen. adalah menjaga opini yang baik oleh masyarakat. Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai dalam pelayanan dan pelatihan teknik promosi dengan eksternal dan internal.
Full Text:
PDFReferences
Djaslim, Saladin. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelayanan Dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.
Kotler, Philip. 2015. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. (Terjemahan oleh Bob Sabran) New Jersey: Pearson Education,Inc.
Lupiyoadi, Rambat dan A, Hamdani. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2
Jakarta: Salemba Empat.
Machfoedz, Mas’ud., dan Machfoedz, M. 2015. Kewirausahaan. Metode, Manajemen dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE.
Sumarwan,Ujang. 2013. Perilaku Konsumen (Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran). Jakarta: Graha Indonesia.
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business, edisi pertama, cetakan pertama, Jakarta Penerbit: Mitra Wacana Media.
Simamora, Bilson. 2013. Aura Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sutojo, Siswanto. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta PT. Damar Mulia pustaka.
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prentice Hall.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, Fandi dkk. 2018. Pemasaran Startegik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2016. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy dkk. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, Yogyakarta: penerbit Andi.
Usman dan Akbar. 2016. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Yulianto, Bayu. 2013. ”Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepede Motor Kawasaki”. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. STIESIA Surabaya. Vol. 1 No. 1, Januari 2013.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v7i2.3951
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.