PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh bentuk kualitas pelayanan, kualitas produk, terhadap kepuasan pelanggan PT. indosat batam. Variabel kepuasan pelanggan (Y) sebagai variabel terikat, sedangkan kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), sebagai variabel bebas Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 50 responden konsumen PT. indosat batam. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan data sensus simple random sampling dan teknik pengujian data menggunakan uji reliabilitas, validitas, asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. indosat batam. Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. indosat batam. Dan semua variabel yang di uji berupa kualitas pelayanan, kualitas produk. secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. indosat batam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan di PT. Indosat Batam.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, et al., 2012. The Influence of Service Quality and Price on Customer Satisfaction: An Empirical Study on Restaurant Services in Khulna Division. Journal Industrial Engineering Letters Vol. 2, No.2, p.25-33.
Anshori, Yusak dan Langner, Viviane. 2007. The Importance of Customer Satisfaction and Supreme Service Provision in The Hotel Industry: A Case Study of Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 3, No. 1, p.18-25.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2018. “Manajemen Pemasaran”, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: PT. Gelora Aksara.
Maulidas, Iis., Joko Widodo, dan Mukhamad Zulianto. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Volume 13 Nomor 1 (2019).
Sugiyono. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supranto. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Swastha Basu dan Irawan, 2011, “Manajemen Pemasaran Modern”. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta; Penerbit Andi Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v7i1.3952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.