PENGARUH KUALITAS PRODUK IKAN ASAP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA SENTRA IKAN ASAP DI UMKM IKAN ASAP DUSUN GEDANG KLUTUK DESA KEDUNGBOTO PASURUAN)
Abstract
Penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan yaitu sebesar apakah pengaruh variabel Kualitas Produk terhadap Minat Beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari varabel Kualitas Produk terhadap Minat Beli. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear. Populasi yang diambil adalah konsumen UMKM Ikan Asap Dusun Gedang Klutuk Desa Kedungboto Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan survei data primer dengan metode accidental sampling. Data hasil survei dianalisis dengan menggunakan aplikasi sofware SPSS Versi 24. Berdasarkan hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan positif terhadap Minat Beli sebesar 67 %. Berdasarkan tabel hasil Uji t diperoleh angka untuk variabel Kualitas Produk (X) sebesar 8,427 dengan nilai ttabel yaitu 1,68830. Sehingga thitung > ttabel atau 8,427 > 1,68830 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya Kualitas Produk berpengaruh positif yang signifikan terhadap Minat Beli Konsumen UMKM Ikan Asap Dusun Gedang Klutuk Desa Kedungboto Pasuruan.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Minat Beli.
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Moelyanto. 1992. Pengawetan & Pengolahan Hasil Ikan. Jakarta : Penebar Swadaya.
Martono, Moh dan Sri Setyo Iriani. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen , Vol. 2, No. 2.
Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Priansa, Donni Juni. 2006. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Swastha, Basu dan Irawan. 2011, Manajemen Pemasaran Modern . Yogyakarta : Liberty.
Agnes Ligia Pratisitia Walukow, Lisbeth Manake, Jantje Sepang. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. ISSN 2303- 1174.Vol.2. Hal1737- 1749.
Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan di Kota Manado. Jurnal Emba ISSN 2303-1174, Volume 2 Nomor 3, 1768-1780.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.