PENGARUH BRAND IMAGE DAN ATTITUDE TERHADAP BRAND EQUITY PRODUK GARNIER DI KOTA BIMA

Agustina Agustina, Intisari Haryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image dan brand attitude terhadap brand equity produk Garnier di Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumber data primer. instrument penelitian berupa kuesioner berskala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli Produk Garnier yang ada di Kota Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (unknown population). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan studi pustaka yang kemudian dilakukan analisa data dengan menggunakan teknik pengujian validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image dan brand attitude secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap brand equity produk Garnier di Kota Bima.

Kata Kunci: Brand Image, Brand Attitude, Brand Equity.


Full Text:

PDF

References


Alfionita, C., S. Suharyono, and E. Yulianto. 2016. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone MATOS).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 36(1): 178–85.

Arianty, N., and Andira, A. 2021. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelia.” MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4(1): 897.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

BahrI, K, and S K Wijayanti. 2021. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Attitude Terhadap Brand Equity Kosmetik Merek Oriflame Pada Pegawai Sma Negeri 2 Muara” I-Con Media: 30–43. http://journal.stietenggarong.ac.id/index.php/ICM/article/view/25.

Berlianto, M. P. 2019. “Pengaruh Country of Oringin Dan Brand Image Terhadap Brand Equity Dan Niat Pembelian Pada Produk Kosmetik.” Journal Of Business & Applied Management 12(1): 58–70.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Hardian, V. 2017. “Pengaruh Sikap Merek Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Lp3I.” Jurnal Lentera Bisnis 4(1): 101–36.

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, F., Arifin, A., and Fanani, D. 2018. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Para Siswa SMAN 15 Surabaya Kelas XII Yang Menggunakan Laptop Ber Merek ASUS).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 56 No. 1 56(1): 75–81.

Lupiyaodi, R., and Hamdani, A. 2014. “Manajemen Pemasaran Jasa.”

Nabella, A. L. 2021. “Pengaruh Brand Attitude Dan Brand Association Terhadap Brand Equity Melalui Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Air Minum Kemasan Merek Aqua ( Studi Pada Konsumen Air Minum Kemasan Merek AQUA Di Gombong ) Luky Ade Nabella Program Studi.” Journal Management 3(1): 1–11.

Singgih, P and Indriani, F. 2018. “Analisis Pengaruh Brand Image Dan Corporate Branding Terhadap Brand Equity Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Operator Seluler.” Diponegoro Journal of Management 7(2): 1–13.

Puspita, Y. D, and Rahmawan, G. 2021. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier.” Jurnal Sinar Manajemen 8(2): 98–104.

Rahmi, and Nelly. 2018. “Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Ija Kroeng Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum 2(2): 99–109.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Roring, F., Mananeke, L., and Marchall, M. 2015. “Pengaruh Brand Equity, Store Atmosphere Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Fashionable Pada 3 Second Manado Town Square.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(1): 1002–12.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Wardani, Dian Permata Sari dan Rr. Tri Istining. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs E-Commerce Shopee”, Jurnal Aplikasi Bisnis.” Jurnal Aplikasi Bisnis 6(1): 81–84.

Zultilhansyah, and Haryanti, I. 2020. “Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Pada Dealer Yamaha Tugu Mas Bima.” Jurnal Manajemen Dewantara 4(2): 90–97.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i2.4305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.