PENGARUH TINGKAT EKONOMI KELUARGA, UANG SAKU, JENIS KELAMIN DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF TERHADAP FINANCIAL LITERACY MAHASISWA AKUNTANSI

Budhinanda Tanri, Maria Asumpta Evi Marlina

Abstract


Financial literacy merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola keuangan pribadi untuk mengatur masa depan. Seluruh masyarakat membutuhkan financial literacy agar mereka dapat mengelola keuangan mereka dengan baik. Pada masa pandemi covid-19 ini, kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan sangat dibutuhkan karena ekonomi negara menurun yang menyebabkan pemasukan seseorang akan menurun dan menyebabkan banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi. Tanpa adanya pemahaman keuangan yang baik maka kehidupan seseorang akan menjadi sangat sulit karena tidak bisa mengelola keuangan yang mereka miliki. Financial literacy harus membutuhkan pelatihan dari kecil, pengalaman, dan kontrol diri yang baik agar mampu mengelola keuangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari jenis kelamin, indeks prestasi kumulatif, tingkat ekonomi keluarga, dan uang saku mahasiswa terhadap financial literacy mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2020 di Universitas Ciputra Surabaya dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2020 yang telah mempelajari tiga mata kuliah. Mata kuliah yang menjadi syarat dalam penelitian ini yaitu penganggaran, investasi, dan matematika bisnis. Mahasiswa akuntansi menjadi sasaran penelitian karena diharapkan mereka memiliki tingkat pemahaman yang baik karena telah mempelajari akuntansi di perkuliahan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner berupa google form yang disebarkan menggunakan media social. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel jenis kelamin dan indeks prestasi kumulatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial literacy. Sedangkan variabel tingkat ekonomi keluarga dan uang saku mahasiswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial literacy.

Kata Kunci: Jenis Kelamin, Indeks Prestasi Kumulatif, Tingkat Ekonomi Keluarga, Uang Saku Mahasiswa, Financial Literacy, Theory of Planned Behavior.


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior Organizational Behavior and Human Decision Processes. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Baker, H. K., Kumar, S., Goyal, N., & Gaur, V. (2019). How financial literacy and demographic variables relate to behavioral biases. Managerial Finance, 45(1), 124–146. https://doi.org/10.1108/MF-01-2018-0003.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). Highly efficient measurement technology based on hyper-spectropolarimetric imaging. Zhongguo Jiguang/Chinese Journal of Lasers, 43(8), 107–128. https://doi.org/10.3788/CJL201643.0811001.

Dewi, L. G. K., & Letrini, M. Y. (2020). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Materialism pada Personal Financial Behavior. 30(6), 1575–1592.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Fetesond, M., & Cakranegara, P. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemampuan Akademis dan Pengalaman Bekerja Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. E-Qien Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 259–274. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/333.

Firdaus, T., & Anah, L. (2020). Pengaruh Faktor Sosiodemografi dan Sosioekonomi Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy ’ ari Tebuireng Jombang. JFAS: Journal of Finance and Accounting Studies.2(1), 47–60.

Harso, A., & Merdja, J. (2019). Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.991.

Idayanti, N. K. A., & Permoni, N. (2021) Jenis Kelamin, Ipk Dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Jurnal Manajemen Dan Bisnis 7(2), 139–149. http://www.ojs.unr.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/733.

Kalwij, A., Alessie, R., Dinkova, M., et al. (2019). The Effects of Financial Education on Financial Literacy and Savings Behavior: Evidence from a Controlled Field Experiment in Dutch Primary Schools. Journal of Consumer Affairs, 53(3), 699–730. https://doi.org/10.1111/joca.12241.

Ningsih, E. S., Fatimah, F. S., & Sarwadhamana, R. J. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kuesioner Manajemen Talenta. Indonesian Journal of Hospital Administration, 4(2), 52–55. https://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/view/2138.

Nurlaila, I. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Mengelola Keuangan. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(01), 136–144.

Nugroho, W. S., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh pendidikan keuangan keluarga, status sosial ekonomi, internal locus of control, dan jenis kelamin terhadap literasi keuangan. Akuntabel, 18(4), 650–660. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/9814%0Ahttps://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/download/9814/1582.

Prabowo, Anto. (2019). Survei OJK 2019 : Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 – 2025. Retrived from https://www.ojk.go.id/id/berita-dan kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx.

Radianto, W. E., Lianoto, Y., Efrata, T. C., & Dewi, L. (2020). The Role of Financial Literacy, Gender, Education, and Ethnicity towards Investment Decisions. KnE Social Sciences, 2020, 199–211. https://doi.org/10.18502/kss.v4i3.6401.

Romadloniyah, A., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Prespektif Gender. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 50–64. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37224.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Jurnal Fokus, 4(4), 279–284.

Sari, D. L., Pujiati, R. D., Putri, P., Ekonomi, P. I., Fkip, U., Lampung, J., Prof, S., Brodjonegoro, N., & Lampung, B. (2020). Literasi Keuangan Mahasiswa Ditinjau dari Gender, Teman Sebaya, dan Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3(1), 1–9.

Setiaji, H. (2021). CNBC Indonesia: Elo Banget Nih! Kelas Menengah Mulai Belanja & Kurangi Menabung. Retrived from https://www.cnbcindonesia.com/news/20210209120253-4-222109/elo-banget-nih-kelas-menengah-mulai-belanja-kurangi-nabung.

Senda, D. A., Rahayu, C. W. E., & Rahmawati, C. H. T. (2020). The Effect of Financial Literacy Level and Demographic Factors on Investment Decision. Media Ekonomi dan Manajemen, 35(1), 100. https://doi.org/10.24856/mem.v35i1.1246.

Supriyanto, S. (2021). Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. BPS: Badan Pusat Statistik.

Syuliswati, A. (2019). Pengaruh, Gender, Usia, IPK Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Akuntansi Manajemen dan Bisnis (ABM).26(1). 15-36.

Totanan, C., Sudirman, Utami, U., Yamin, N. Y., Pakawaru, M. I., & Mile, Y. (2020). Analysis Factors of Gender and Financial Accounting Learning Achievement as an Influential of Financial Literacy. 477(Iccd), 151–155. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.035.

Vhalery, R., Leksono, A. W., & Irvan, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Usia, Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Pengelolaan Uang Saku Mahasiswa Unindra. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 10–17. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p010.

Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender Dan Kemampuan Akademis Terhadap Literasi Keuangan dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.