PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN SEMESTER VII UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN 2017)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, harga terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Manajemen Semester VII Universitas Riau Kepulauan 2017 Kota Batam. Teknik sampling yang dipakai adalah rumus slovin dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis mengunakan uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa keempat variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Loyalitas Pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Kotler, & Armstrong. 2012. “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler and Gary Amstrong, 2013. “Marketing an Introduction”, 11th Edition, Pearson: Prentice Hall.
Kotler and Armstrong. 2016. “Principles of Marketing”. 16th Edition. Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). “Marketing Managemen”. 15th
Rumengan dkk. 2010. “Analisis Data Kuantitatif”. Batam: Uniba Press.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013, “Perilaku Konsumen”, C.V Andi Offset.
Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods)”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Cetakan 23. CV. Alfabeta: Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2012. ”Service Management Mewujudkan Layanan Prima”. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono. Fandy ., dan Gregorius Chandra. (2012). “Pemasaran Strategik”. Yogyakarta: Andi
Tjiptono. Fandy. 2015. “Strategi Pemasaran”. Edisi 4: Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. “Service, Quality & Satisfaction”. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2016. “Strategi Pemasaran”. Edisi 4: Andi. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v8i1.5189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.