PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SALSA PERFUME PREMIUM DI SAGULUNG KOTA BATAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara variabel independen: kualitas produk, harga, citra merek, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada toko salsa parfume premium di sagulung kota batam. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan accidental sampling dengan rumus Slovin sebanyak 75 responden. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Data penelitian ini menunjukkkan hasil Uji T di peroleh variabel kualitas produk memiliki thitung > ttabel (5,333> 1,665) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima yang berarti kualitas produk berpengaruh secara signifikan. Variabel harga memiliki thitung > ttabel (2,524> 1,665) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,014 < 0,05) maka Ha diterima yang berarti harga berpengaruh secara signifikan. Variabel citra merek memiliki thitung > ttabel (2,163 > 1,665) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,034 < 0,05) maka Ha diterima yang berarti citra merek berpengaruh secara signifikan. Variabel promosi memiliki thitung > ttabel (5,811 > 1,665) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima yang berarti promosi berpengaruh secara signifikan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Promosi, Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, W., Abdurrahman, & Sari, P.R.K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP Merek Oppo di Daerah Istimewa Yogyakarta Sleman. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 5(1).
Firmansyah, M.Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta: Penerbit Qiara Media. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Nanincova, Niken. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Jurnal Agora. Diambil dari https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/issue/view/362
Napa, Epi Yolana. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Simpati. Jurnal Eprint. Diambil dari http://eprints.unm.ac.id/20552/
Noviana, B.I. (2014). “Pengaruh Bauran Pemasaran Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel
Perdana, Dadi Akhmad.(2003). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perusahaan Multinasional Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Melakukan Joint Venture.Skripsi. Jakarta. Universitas Indonesia.
Santoso, S. (2000). Parametrik Statistik SPSS. Cetakan pertama. Jakarta: PT Elexmedia
Komputindo. Tjiptono, F. (2006). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia
Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. New Jersey: Pendidikan Pearson
Terbatas. Nugroho, B.A. (2005). Strategi jitu memilih metode statistik dengan penelitian. Yogyakarta: Andi
Yunar (2010). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Surya Timur Sakti Jawa Timur . Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur 2010. Diunduh padaeprints.upnjatim.ac.id/787/1/File_1.pdf pada tanggal 27 Maret 2016.
Melyani. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Distriversa Buana. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(September).
Warasto, H.N. (2018). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). JURNAL Semarang, 1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.32493/Smk.V1i1.1243.Y2018.
DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i1.5428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.