PENGARUH E-COMMERCE, SOCIAL MEDIA DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK BERWIRAUSAHA

Puji Setya Sunarka, Deewar Mahesan, Nur Atika Yuniarti, Ryan Arya Pamudya

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tiga faktor - kompensasi, disiplin kerja, dan motivasi - terhadap kinerja karyawan. Studi kuantitatif ini melibatkan 110 responden, menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data mencakup beberapa metode, termasuk analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, serta koefisien determinasi (R2). Hasil regresi berganda mengungkapkan temuan menarik. Variabel kompensasi menunjukkan pengaruh signifikan negatif terhadap prestasi kerja karyawan. Sebaliknya, disiplin kerja dan motivasi memiliki pengaruh signifikan positif. Di antara ketiga variabel tersebut, disiplin kerja muncul sebagai faktor dengan pengaruh terbesar terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: E-Commerce, Social Media, Sistem Informasi Akuntansi, Pengambilan Keputusan.

Full Text:

PDF

References


Anshory, Mawardi Dan Anwar (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Dalam Berwirausaha. E-JRA Vol.11 No.03

Fitriyah, Winarko, dan Kurniawan (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 11 No. 1.

Kahyangan, Utomo, Dan Wihartanti. Pengaruh Literasi Ekonomi, Sosial Ekonomi Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kecenderungan Berwirausaha Mahasiswa. Universitas PGRI Madiun.

Lovita dan Susanty (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minat Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen (JAM). Vol.18 No. 02.

Pramiswari, Dharmadiaksa (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi universitas udayana. Vol.20.1. juli (2017): 261-289.

Sari Dan Pravitasari (2022). Pengaruh Persepsi E-Commerce, Modal Usaha, Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Keputusan Berwirausaha Di Pandemic Covid-19. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi. Vol. 6 No. 3.

Wulandari, Maslichah, Dan Sudaryanti (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Dalam Berwirausaha Di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. E-JRA Vol.09 No.04.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v11i1.6756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.