PENGARUH KUALITAS KERJA, FASILITAS KERJA DAN KEAMANAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT CITILINK DI BATAM

Muhammad Siddik, Rona Tanjung, Cindy Risani

Abstract


Penelitian ini bertujuan Kualitas kerja, Fasilitas kerja dan Keamanan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Citilink di Batam. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Citilink di Batam yang berjumlah 65 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian analisis deskriptif. Metode pengumpulan instrument yang digunakan adalah penyebaran kuesioner melalui Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan 2) Fasilitas kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan 3) Keamanan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan 4) Kualitas kerja, Fasilitas kerja dan Keamanan kerja terhadap Kinerja Karyawan secara bersama sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Citilink di Batam.

Kata Kunci: Kualitas Kerja, Fasilitas Kerja, Keamanan Kerja, Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abdullah, T., & Tantri, F. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Afsar, B., Masood, M., & Umrani, W. A. 2019. The Role Of Job Crafting And Knowledge Sharing On The Effect Of Transformational Leadership On Innovative Work Behavior. Personnel Review, 48(5), 1186–1208. Https://Doi.Org/10.1108/PR-04-2018-0133

Ahmad, Lukman dan Munawir .2018 .Sistem Informasi Manajemen. Aceh. Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh .KITA.

Ahmed, I. 2017. The Effects of Rewards on Employee’s Performance in Banks: A Study of Three Districts (Lodhran, Vehari, Khanewal) Commercial Banks in Pakistan. International Review of Management and Business Research, 352–361.

Akpan, C. P. 2013. Job security and job satisfaction in Nigerian University teachers in cross river state, Nigeria. British Journal of Education, 1(2), 8293. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Anam, K., & Rahardja, E. 2017. Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi PADA Pegawai Dinas Perindustrian DAN Perdagangan Provinsi Jawa Tengah), 6, 1–11.

Arifin, N. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Kasus. Unisnu Press. Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Asep Kurniawan. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakart: Rajawali Pers.

Barata, A. A. 2013. Dasar - Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Ellex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Bungin, Burhan. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo.

Dewi K. Soedarsono. 2014. Sistem Manajemen Komunikasi Teori, Model dan Aplikasi.

Dewi, Meutia, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur, Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 3, No. 2:535-544.

Dhuryana, A. S ., & Hussain, F. 2018. The Effecting Job Security And Work Load On Job Satisfaction Of Teachers Among Heigher Education, 511-518.

Emmywati. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan yang Terdiri dari Kenyamanan, Keamanan, Kemudahan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Pada Galeri Seni dan Pusat Meditation Ponorogo Jawa Timur. Vol 1 No 3, hal 184-191.

Emzir. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Press.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Handayani, Ririn.2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Heizer, Jay. Render, Barry. Munson, Chuck. 2017.Operation Management Sustainability and Supply Chain Management. Pearson. United States of America

Imam, S ., & Javed, T. 2019. Job Security, Organizational Support and Employee Performance: Mediating role of Employee Satisfaction in Medical Sector of Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(3), 1250-1268. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-13/5793

Kadarisman, M. 2012. Manajemen Kompensasi, Jakarta: PT. Rajagrafindo. Persada.

Kraimer, M. L ., Wayne, S. J ., Liden, R. C ., & Sparrowe, R. T. 2005. The role of job security in understanding the relationship between employees' perceptions of temporary workers and employees' performance. Journal of Applied Psychology, 90(2), 389-398. https://doi.org/10.1037/00219010.90.2.389

Lupiyoadi,R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Mahmoud, A. B ., & Reisel, W. D. 2014. Relating patient satisfaction to nurses' job satisfaction, job security, and obedience OCBs. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, 8(1), 47-61. https://doi.org/10.1108/IJPHM-01-2013-0001

Nazaruddin dan Basuki. 2016. “Analisis Statistik dengan SPSS”. Edisi I. Cetakan ke-II. Penerbit: Danisa Media. Yogyakarta.

Pangarso, Astadi. 2016. Pengaruh Fasilitas terhadap Kepuasan Keja Karyawan Divisi Sumber Daya Manusia dan Diklat PT. Dirgantara Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 12 No. 01 Maret 2016, Hal 34-45.

Priyatno, D. 2018. SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Riani, Asri Laksmi. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Graha Ilmu. Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa:

Rolos, J ., Sambul, S ., & Rumawas, W. 2018. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 19-27.

Santoso, A. B. 2018. Tutorial dan Solusi Pengolahan Data Regresi. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera.

Satori, Djaman. 2013. Peningkatan Kualitas Kerja Melalui Pola Pembinaan (Capacity Building) Dosen Muda Pada Program Studi Administrasi Pendidikan SPS UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.14. No.1. Hal.2841.

Setyawati, W. A ., Rifa'i, M ., & Sasmito, C. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi terhadap Kepuasan Pasien. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 50-63.

Setyawati, W. A., Rifai, M., & Sasmito, C. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. Madani, Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 50–63.

Silaen, S. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Simbiosa Rekatama Media. Bandung

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik .2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Literasi Media Publishing.

Sudaryo, Yoyo. dkk. 2019. Metode Penelitian Survei Online Dengan Google Forms. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Tjiptono, F. 2013. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v11i1.6762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.