PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, LIKUIDITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Aznedra Aznedra, Rizki Eka Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, solvabilitas, likuiditas dan pertumbuhan perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan dan didapatkan sampel sebanyak 13 perusahaan. Data pada penelitian ini diolah dengan memakai uji regresi linear berganda dengan menggunakan alat uji SPSS versi 26, agar mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham adalah Profitabilitas sedangkan, solvabilitas, likuiditas dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham. Namun secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan subsector perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2023.

Kata Kunci: Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan, Harga Saham.

Full Text:

PDF

References


Andira Agro Tbk. 2022. Profil Perusahaan Andira Agro Tbk (ANDI). Diakses dari www.andiraagro.com

Astra Agro Lestari. 2022. Profil Perusahaan Astra Agro Lestari (AALI). Diakses dari www.astra-agro.co.id

Bakrie Sumatera Plantation Tbk. 2022. Profil Perusahaan Bakrie Sumatera Plantation Tbk (UNSP). Diakses dari www.bakriesumatera.com

Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston, (2018) Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1, Terjemahan oleh Novietha Indra Sallama dan Febriany Kusumastuti, Edisi 14, Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. 2021. Data dari Laporan Keuangan Tahunan. Diakses dari www.idx.co.id pada 19 November 2021.

Bursa Efek Indonesia. 2022. Closing price IDX Annually Statistic. Diakses dari www.idx.co.id

Deviani, S. (2018). Pengaruh Tingkat Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pertambangan di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud.

Dewiningrat, A. I., & Mustanda, I. K. (2018). Pengaruh likuiditas, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan struktur aset terhadap struktur modal. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), 3471-3501.

Dharma Satya Nusantara. 2022. Profil Perusahaan Dharma Satya Nusantara (DSNG). Diakses dari www.dsn.co.id

Fahmi, Irham. (2014). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gozco Plantation Tbk. 2022. Profil Perusahaan Gozco Plantation Tbk (GZCO). Diakses dari www.gozco.com

Halim dan Hanafi. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, Sofyan Syafri. (2011). Analisis Kritis atas laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jogiyanto, 2014.Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Juliantika, N. L. A. A. M., & Dewi, M. R. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Property Dan Realestate (Doctoral dissertation, Udayana University).

Karunia Indah. (2020) Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018.

Kasmir, (2014) Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7, Jakarta: PT Raja Garafindo Persada.

Kurniasih. (2017). Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio, dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI tahun 2014-2016.

Lestari, Erna Yuliana. 2017. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014).

Mahkota Grup. 2022. Profil Perusahaan Mahkota Grup (MGRO). Diakses dari www.mahkotagrup.com

Maulidiyah dan Santoso. (2016). Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Harga Saham Perusahaan Telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia

Mukshin. M. (2018). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Harga Saham Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho. (2017). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

PP London Sumatera Indonesia. 2022. Profil Perusahaan PP London Sumatera Indonesia (LSIP). Diakses dari www.londonsumatra.com

Pratiwi, R.D (2016). Perngaruh Rasio Pertumbuhan Perusahaan, terhadap Harga Saham Syariah pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII).

PT Jaya Agra Wattie Tbk. 2022. Profil Perusahaan PT Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA). Diakses dari www.jawattie.com

PT Provident Agro Tbk. 2022. Profil Perusahaan PT Provident Agro Tbk (PALM). Diakses dari www.provident-agro.com

PT Salim Ivomas Pratama. 2022. Profil Perusahaan PT Salim Ivomas Pratama (SIMPT). Diakses dari www.simp.co.id

PT Sampoerna Tbk. 2022. Profil Perusahaan PT Sampoerna Tbk (SGRO). Diakses dari www.sampoernaagro.com

PT Sinar Mas Agro Resources and PT Technology Tbk. 2022. Profil Perusahaan PT Sinar Mas Agro Resources and PT Technology Tbk (SMAR). Diakses dari www.smart-tbk.com

Sari Novita. (2017). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas terhadap HargaSaham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di BEI tahun 2011-2015.

Sawit Sumber Mas Sarana. 2022. Profil Perusahaan Sawit Sumber Mas Sarana (SSMS). Diakses dari www.ssms.co.id

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2012) Syam. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.

Syamsuddin, Lukman, (2016), Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan, Cetakan ke-13, PT Rajagrafindo Persada, Depok 16956




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v11i1.6817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.