PENINGKATAN JIWA ENTREPRENEUR MELALUI PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM

Zulwida Rahmayeni, Sastra Tamami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif literatur akademis yang ada tentang etika kewirausahaan dan mengembangkan kerangka konseptual yang mengeksplorasi peningkatan semangat kewirausahaan melalui penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dengan menggunakan metodologi tinjauan pustaka, penelitian ini melakukan analisis, evaluasi kritis, dan sintesis pengetahuan yang relevan mengenai masalah penelitian. Semangat kewirausahaan memainkan peran penting dalam mengejar kekayaan. Seorang wirausahawan harus memiliki setidaknya tiga kualitas penting: imajinasi, fleksibilitas, dan kemauan untuk mengambil risiko, untuk memiliki potensi untuk "menjadi peserta yang sukses" dalam kegiatan kewirausahaan. Etika bisnis dalam Islam mencakup serangkaian perilaku bisnis etis yang dibalut dalam nilai-nilai syariah yang mengutamakan apa yang halal dan haram. Kejujuran, dapat dipercaya, kecerdasan dan keterampilan, komunikasi dan layanan yang baik, membangun jaringan dan kemitraan, dan keharmonisan dalam bekerja dan beribadah merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan sebagai pedagang.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Etika Bisnis, Bisnis Islam, Syariah

Full Text:

PDF

References


Achinto Roy, dkk. Ethical Culture in Organizations: A Review and Agenda for Future Research. Published by Cambridge University Press on behalf of the Society for Business Ethics. Business Ethics Quarterly (2023), pp. 1–42.

Ahmad Syafiq, 2019. Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih J. Pemikir. dan Huk. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 96–113

Aqil Barqi Yahya. Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah Muhammad SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 5, no. 1 (2020)

Christine Vallaster, dkk, 2019. Ethics and entrepreneurship: A bibliometric study and literature review. Journal of Business Research. Volume 99, June 2019, Pages 226-237

Hart, C. Doing a literature review: Releasing the research imagination. (Sage, 2018).

Hayfaa Tlaiss, 2015. How Islamic Business Ethics Impact Women Entrepreneurs: Insights from Four Arab Middle Eastern Countries. Journal of Business Ethics, Springer, vol. 129(4), pages 859-877

Kholis Toyibatul Mutmainnah, 2023. Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah Pada Home Industri Bakpia Al- Fattah Pogalan Trenggalek. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 3, No. 2

Mohammad Daradkeh, 2023. Navigating the Complexity of Entrepreneurial Ethics: A Systematic Review and Future Research Agenda. Journal Sustainability 15, 11099

Rahmat Hidayat dan Muhammad Rifa’i. (2018). Etika Manajemen Perspektif Islam. LPPPI, Medan

Riffat Hussain, dkk. Entrepreneurial Leadership and Innovative Work Behaviour: Moderating Role of Islamic Work Ethics. Journal: Journal of Entrepreneurship and Innovation in Emerging Economies Volume/Issue: 9 (2), Pages 181-197, August 2023

Sagir Muhammad Sulaiman, 2020. Islamic Business Ethics Practice among Muslim Entrepreneurs in Kano Metropolis, Nigeria. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF) Vol. 3(2), page 33-62

Siti Nurul Huda dan Nandang Ihwanudin. Etika Bisnis Islam Dalam Tinjauan Al-Qur’an Dan Hadits: Islamic Business Ethics in a Review of the Qur’an and Hadith. Journal of Islamic Studies Review 2, no. 1 (Maret 2022)

Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R&D (Bandung: Alfabeta, 2019).

Supriyanto, dkk, 2022. Entrepreneurship Education Based on Islamic Work Ethic: Educational Management Review. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 06 No. 01 (2022) : 132-145

Y. Vardi, 2001. The Effects of Organizational and Ethical Climate as on Misconduct at Work, Journal of Business Ethics, Februari 2001, 29,4, ABI/INFORM Global, hal. 325




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v11i2.7319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.