PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ina Desmaniar, Edi Harapan, Nila Kesumawati

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi, mengetahui pengaruh komunikasi antar pribadi, dan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan komunikasi antar pribadi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Indralaya Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020 pada bulan Juli-Desember 2019.  Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif  yang menganalisis data dengan alat statistik dalam bentuk angka-angka.  Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan teknologi informasi (powerpoint dan internet) (X1) dan komunikasi antar pribadi (X2) sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat.  Jumlah populasi yang diteliti 354 siswa didapat jumlah sampel uji coba sebanyak 188 siswa. Jumlah sampel uji coba ditentukan menggunakan rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 5% dan untuk mendapatkan ketepatan hasil serta proporsi sampel di setiap sekolah, maka pengambilan sampel digunakan teknik probabillity sampling.  Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi,  maka teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan data apa adanya dan korelasi linear sederhana untuk mengukur pengaruh variabel X terhadap variabel Y.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan teknologi informasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri Indralaya Selatan tahun ajaran 2019/2020, (2) Komunikasi antar pribadi berpengaruh tehadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri Indralaya Selatan tahun ajaran 2019/2020, dan (3) Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi antar pribadi secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri Indralaya Selatan tahun ajaran 2019/2020. 

Keywords


Teknologi Informasi, Komunikasi Antar Pribadi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arianto. (2015). “Menuju Persahabatan” Melalui Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Beda Etnis (Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Taduloko. Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Vol.1. No. 2:219-229.

Aqib, Z. (2014). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.

Azhar. (2017). Komunikasi Antarpribadi: Suatu Kajian Dalam Perspektif Komunikasi Islam. Jurnal Al-Hikmah, Vol. IX, No. 14:79-91.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Harapan, E; dan Ahmad, S. (2019). Komunikasi Antar Pribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Hidayah, N.F; Amelia, F dan Hermansah. (2018). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Komunikasi Interpersonal Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pythagoras, Vol. 7 No. 1: 28 – 34.

Kesumawati. N; Retta. A. M; dan Sari. N. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Kesumawati, N; dan Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang. NoerFikri.

Kristiawan, M., et al. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mentari, S.I; dan Listyaningsih. (2016). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak Asasi Manusia (HAM) bagi Siswa Kelas XI di SMKk Negeri 12 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 02, Nomor 04: 635 – 649.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No 2: 1-10.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Data Capaian Nilai Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019. Kemdikbud. Diakses tanggal 20 Juli 2019 dari (https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Ritonga, N. (2017). Analisis Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Biologi di SMP Negeri Se-Kec. Medan Kota. Jurnal Cahaya Pendidikan. Vol 3, No. 1 : 78-87.

Ropiani, M. (2017). Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik terhadap Keberhasilan Belajar Siswa pada MIS Assalam Martapura Dan MIN Sungai Sipai Kabupaten Banjar. Jurnal NALAR. Vol 1, No 2: 110-123.

Sahabuddin, C. (2015). Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene. Jurnal Pepatuzdu, Vol. 10, No. 1: 17-30.

Sahin, Y. G; Balta, S; & Ercan, T. (2010). The Use of Internet Resources by University Students During Their Course Projects Elicitation: A Case Study. Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 9: 234-244. Diakses tanggal 20 Juli 2019 dari (http://www.tojet.net/articles/v9i2/9224.pdf)

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian. Bandung. cv. Alfabeta

Sujoko, (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 1. No.1: 71-77.

Sutabri, Tata. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Rusman, Kurniawan D, Riyana C. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Tim Fokus Media. (2015). Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung. Fokus Media.

Yaniasti, N.L. (2012). Komunikasi dan Interaksi dalam Pendidikan. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol 11, No. 3: 78-95.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.