MODEL PEMBELAJARAN, PROFESIONALISME GURU DAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI PREDIKTOR TERHADAP KEPUASAN ORANGTUA PADA SEKOLAH DASAR HANG NADIM MALAY SCHOOL BATAM

Sri Langgeng Ratnasari, Asih Tanzila

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran, profesionalisme guru, dan kualitas layanan merupakan predictor kepuasan orangtua di Sekolah Hang Nadim Malay School Batam secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatis yang bersumber pada data primer melalui kuisioner. Populasi penelitian ini adalah orangtua pada Sekolah Dasar Hang Nadim Malay School Batam yang berjumlah 456 orang, dengan sampel sebanyak 82 orang, menggunakan teknik sampling dengan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 20. Hasil uji pasial penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran secara parsial signifikan sebagai predictor kepuasan orangtua, profesionalisme guru secara parsial tidak signifikan sebagai predictor kepuasan orangtua, dan kualitas layanan sebagai predictor ayng signifikan terhadap kepuasan orangtua. Uji simultan menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran, profesionalisme guru, dan kualitas layanan secara simultan signifikan sebagai predictor kepuasan orangtua di Sekolah Dasar Hang Nadim Malay School Batam.

Keywords


Model Pembelajaran, Profesionalisme Guru, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wali Murid

Full Text:

PDF

References


Ali, Moh. 2013. Implementasi Kurikulum Pendidikan Nasional 2013. Semarang: FPTK IKIP Veteran.

Alrasid, Harun. 2015. Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD di TK IT Al-Khairaat Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Armawan, Dafid. 2011. Belajar Tuntas (Mastery Learning) sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas IX-2 Jurusan TKR SMKN 1 Seyegan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Berlin, May. 2013. Study tentang Penggunaan Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Surabaya: Vol.1 No.1, 0-112.

Chourmain, Imam. 2008. Acuan Normatif Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Al-Haramain Publishing House.

Hariyanto. 2012. Pengertian dan Tujuan Pembelajaran. Diunduh dari: http://belajarpsikologi.com/pengertian-dan-tujuan-pembelajaran/

Kristanto. 2013. Analisis Koefisien Determinasi. Diunduh dari: http://asisiverry.blogspot.co.id/2013/08/analisis-koefisien-determinasi-uji-r2.html

Muttaqin, Hadi. 2013. Pengertian Pelanggan dan Pengertian Loyalitas Pelanggan. Diunduh dari: http://pustakabakul.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-pelanggan-dan-pengertian.html

Nugroho, Arif Wahyu dan Lusia Rakhmawati. 2015. Perbedaan Model Pembelajaran berdasarkan Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Bantuan Software Proteus pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 7 Surabaya. Surabaya: Vol.04 No.03, 919-928.

Pakaya, Suciyanti, Hakop Walangadi, dkk. 2015. Penerapan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negerti Gorontalo.

Prasetyaningrum, Indah Dwi. 2009. Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa. Semarang: Universitas Diponegoro.

Prianto, Agus. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. Jombang: Vol.9 No.3, 1061-1074.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Santyasa, I.W., 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah Disajikan dalam Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida. Bali: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha.

Sidabutar, Christin. 2015. Model Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan sebagai Prediktor terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. DiGiSi Indonesia. Batam: Universitas Batam.

Sudrajat, A., 2008. Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Diunduh dari: http://smacepiring. wordpress.com.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian: Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukri. 2006. Pengaruh Layanan Pembelajaran dan Profesionalisme Guru terhadap Kepuasan Siswa di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian: Psikologi, Pendidikan, Ekonomi Bisnis dan Sosial. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Ulum, Bahkhrul. 2013. Keberhasilan Belajar Siswa. Diunduh dari: http://blogeulum.blogspot.co.id/2013/02/keberhasilan-belajar-siswa_24.html

Usfa, Mahmud Syaltut. 2008. Psikolog dan Praktisi Pendidikan di Hang Nadim Malay School Batam. Diunduh dari: http://tutut-bawean.blogspot.co.id/2009/03/menengok-wajah-otonomi-pendidikankita. html

Rahayu, Wiwit Widji dan Sri Langgeng Ratnasari. 2015. Motivasi Sebagai Intervening Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri Di Bengkong Kota Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.7, No.2, Agustus 2015.

Tanduklangi, Nataniel Suryanto Laso dan Sri Langgeng Ratnasari. 2014. Pengaruh Kedisiplinan, Promosi Jabatan, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Di Kecamatan Sekupang. Jurnal Zona Manajerial. Vol.6, No.2, Agustus 2014.

Yuliarmi, Ni Nyoman, dan Putu Riyasa. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelangan terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Denpasar: Universitas Udayana.

Zainudin dan Sri Langgeng Ratnasari. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.7, No.3, Desember 2015.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.