ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MATERI TRIGONOMETRI KELAS X IPS 2 SMAN 17 BATAM

Jenny Derfia Sibarani, Yesi Gusmania, Yudhi Hanggara

Abstract


Abstrak. Rendahnya hasil belajar diakibatkan oleh berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adalah rendahnya pemahaman konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi trigonometri kelas X IPS 2 SMAN 17 Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 SMAN 17 Batam yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara semi terstruktur. Soal tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa dalam memahami konsep yang terdiri atas 3 soal berbentuk uraian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas (r = 0,627). Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mampu memahami pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 5,26 %, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 15,78 %, dan mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah sebesar 26,31 % sehingga hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 17 Batam masih tergolong rendah pada materi trigonometri.

Kata kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Trigonometri.

Abstract. Low learning results are caused by a variety of factors, one of which is the low understanding of mathematical concepts. This research aims to describe the ability to understand the mathematical concepts of students in trigonometric material grade X IPS 2 SMAN 17 Batam. This research uses a qualitative descriptive approach with research subjects is grade X student IPS 2 SMAN 17 Batam which numbered 19 people. Data collection techniques use semi-structured tests and interviews. The test question is used to measure the ability to understand students' concepts in understanding concepts consisting of 3 questions in the form of descriptions. Instruments in this study used validity and reliability tests (r= 0.627). The results showed students who were able to understand on the indicator re-stated a concept of 5.26 %, present concepts in various forms of mathematical representation of 15.78%, and apply the concept to problem solving by 26.31 % so that the results of the analysis showed that the ability to understand the mathematical concepts of Students Grade X IPS 2 SMA Negeri 17 Batam is still relatively low in trigonometric material.

Keywords: analysis, ability to understand concepts, Trigonometric.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Elsa, J. (2017).Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dan Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siwa Kelas XI SMK TELADAN Batam Tahun Ajaran 2017/2018. Batam. Universitas Riau Kepulauan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Erna, W. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri Parung Kelas VII dalam Materi Segitiga dan Segi Empat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Istikomah D. A. & Jana P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matriks. Prosiding Seminar Nasional Etnomathesia.

Jatisunda, M. G. & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan siswa dalam memahami konsep trigonometri di lihat dari learning obstacles. Jurnal Didactical Mathematics Vol. 1 No. 1 Oktober 2019. 9-16.

Melinda, R. & Anita, S. R. H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol. 4, No. 1, April 2018. 91-105.

Rindu, L. S.(2019). Profil Pemahaman Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 6 Tulungagung. Tulungagung. Institut Agama Islam Negeritulungagung.

Ruseffendi. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST jurnal Vol.2 No.1 Juli 2017,43-72

Tifaniar, A., Ketut, S., Nyamik, R. S. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Ajaran 2016/2018. Vol. 1, No. 1, Oktober, 34-39

Wika, P. S., Eko, S., Wayan, S., Analisis Pemahaman Konsep Vektor Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06 (2) (2017) 159-168

Yuni K. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Vol. 2 No. 4, 2018. 777-785.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.