Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru

Endang Palupi, Bukman Lian, Artanti Puspita Sari

Abstract


Abstrak: Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan, karena guru merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Kualitas siswa seringkali didukung oleh guru yang kompeten. Studi ini mengungkap strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyebutkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru yaitu: (1) penyediaan sarana dan prasarana sekolah, (2) studi lanjut, (3) melibatkan guru dalam kegiatan penelitian, (4) memberi pelatihan bagi guru yang mendukung pembelajaran, (5) menyediakan fasilitas membaca, dan (6) menyediakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan kebersamaan dan kekeluargaan. Kesimpulan dari penelitian ini jika akan meningkatkan mutu guru diperlukan strategi kepemimpinan kepala sekolah yang baik.

Keywords


Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kualitas Guru

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105-114. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/33

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Aziz, W. A. (2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.

Bush, dkk. (2000). Leadership and Strategic Management in Education. London: Pahaul Champmant Publishing.

Damayanti, S. (2008). Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah. dari:h J2.

Danim, S. (2014). Menjadi Kmunitas Pembelajar, Kepemimpinan Transformasi dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yoogyakarta: Gava media.

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Davies, R. (2015). Industry 4.0 Digitalisation for productivity and growth.http:// www.europarl.europa.eu/Reg. Data/etudes/BRIE/2015

Desmaniar, I., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Hasil Belajar Siswa. CAHAYA PENDIDIKAN, 6(2).

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Jamal, S. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada Sekolah dasar Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Dedikasi.

Kartono, K. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Kristiawan, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri. 4.0. Jurnal Univpgri-palembang.ac.id.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students Through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/july2018/Giving-Creativity-Room-To-Students-Through-The-Friendly-Schools-Program.pdf

Makawimbang, J. H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfa Beta.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Putri, M. D., & Marpaung, J. (2018). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 50 Batam. CAHAYA PENDIDIKAN, 4(1).

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733

Sagala, S. H. (2010). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung. Alfabeta

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saroni, M. (2016). Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik Yang Kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Siagian, S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan dan Prilaku Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soetjipto dan Kosasi, R. (2014). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyorini. (2008). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Timple, D. A. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Kepemimpinan. Jakarta: Gramedia.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).

Yamin, M dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Pres.

Yuliani, T. & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP Vol. 1, No. 2.

Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenandamedia.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.