Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SMPN 41 Batam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burais, L., Ikhsan, M., Duskri, M. (2016) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86.
Cintia, N.I.; Kristin, F.; Anugraheni, I., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. PERSPEKTIF Ilmu Pendidika, 32(1), 69-77.
Darmawiyah, D. (2017). Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(2), 245.
Dina, A., Mawarsari, R., Suprapto. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada perangkat pembelajaran model discovery learning pada pendekatan scientific terhadap kemampuan komunikasi matematis materi geometri SMK. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(1), 22-31.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran
Yogyakarta Pustaka Pelajar
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan.
Luh, Ni., Sukadi, R., Nyoman, I. (2013) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, pp11.
Prasetyo, T. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD Gendongan 02. Cahaya Pendidikan, 5(2), 1-12.
Raihun. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn peserta didik kelas IX.3 SMP Negeri 4 Praya Timur. Jurnal Kependidikan, 5(2), 124-132.
Rudiyanto, H. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum, 4(01), 41-48
Sulfemi, W., Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan, Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17-30
Tim Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sadirman, A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Widihastuti, Setiati (2008). Pendidikan Kewarganegaraan: SD/MI Kelas V.Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
Yulia, A., Ihsan, I., Handayani, S. (2020) Peningkatan kreativitas belajar dalam pembelajaran PKN melalui model discovery learning pada siswa kelas XI SMA UNIMUDA Sorong. Jurnal Pendidikan, 8(2), 153-159.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.