Penerapan Model Discovery Learning dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP
Abstract
Kata kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma. Buchari, dkk. 2015. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta
Anas Salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Desma Yulia, Devi Liana Sari. 2016. Penerapan Strategy Collaborative Learning Pada Mata Belajar Siswa Kelas VII Di SMP IT Ulil Alibab Batam Tahun Pelajaran 2015/2016.Cahaya Pendidikan, 2(2): 181-187
Desma Yulia, Helena Nadeak. 2017. Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Baptis Batam Tahun Ajaran 2013/2014.Cahaya Pendidikan, 3(2): 106-118
Endah Setyowati, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07. Jurnal Sains & Teknologi. doi: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408
Endang Sriningsih. 2019. Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning.Jurnal Ilmiah didaktika, 3(1), 80, doi: 10.26811/didaktika
Fajar Ayu Astari, Suroso Suroso, Yustinus Yustinus. 2018. "Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA .Jurnal Basicedu, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.
Hamzah B.Uno.2012.Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, Jakarta: PT Bumi Aksara
Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hosnan, M.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Jamil Suprihatiningrum. 2018. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mistina Hidayati. 2018. Medi A History Fun Thinkers untuk Meningkatkan Keterampilan 4 C dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah didaktika, 2(1), 239, doi: 10.26811/didaktika
Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014.Teori Belajar danPembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slavin, Robert E. 2010. Kooperatif learning teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamed studio.
Suharsimi Arikunto.2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara
Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Trianto (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zumiliah Hadrann dan Desma Yulia .2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Srtategi Index Card Match . Cahaya Pendidikan, Vol. 5 No.1: 65-73.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.3057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.