Penerapan Model Discovery Learning dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP

Agus Giri Yulianta

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar IPS terkait pokok bahasan Perdagangan Internasional dengan menerapkan model Discovery Learning terhadap siswa SMP Negeri 16 Batam kelas IX.4 tahun pelajaran 2019/2020. Tahapan penelitian tindakan kelas ini diberlakukan menjadi dua siklus. Adapun cara pengambilan bahan informasi penelitian diambil berdasarkan dokumentasi dan pengamatan terhadap kegiatan siswa di dalam proses pembelajaran. Pengerjaan perolehan informasi yang didapat dianalisa secara penggambaran kondisi yang nyata dialami siswa. Gambaran informasi yang didapat menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS siswa kelas IX.4 terhadap materi Perdagangan Internasional mengalami peningkatan yang tercermin dari prestasi belajar siswa yang telah menyelesaikan tuntas belajar siklus pertama sebanyak 68% dan mengalami penambahan menjadi 85% dalam pembelajaran siklus kedua.

Kata kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, IPS

Keywords


Discovery Learning, Prestasi Belajar, IPS

Full Text:

PDF

References


Alma. Buchari, dkk. 2015. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta

Anas Salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Desma Yulia, Devi Liana Sari. 2016. Penerapan Strategy Collaborative Learning Pada Mata Belajar Siswa Kelas VII Di SMP IT Ulil Alibab Batam Tahun Pelajaran 2015/2016.Cahaya Pendidikan, 2(2): 181-187

Desma Yulia, Helena Nadeak. 2017. Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Baptis Batam Tahun Ajaran 2013/2014.Cahaya Pendidikan, 3(2): 106-118

Endah Setyowati, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07. Jurnal Sains & Teknologi. doi: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408

Endang Sriningsih. 2019. Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning.Jurnal Ilmiah didaktika, 3(1), 80, doi: 10.26811/didaktika

Fajar Ayu Astari, Suroso Suroso, Yustinus Yustinus. 2018. "Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA .Jurnal Basicedu, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.

Hamzah B.Uno.2012.Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hosnan, M.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Jamil Suprihatiningrum. 2018. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mistina Hidayati. 2018. Medi A History Fun Thinkers untuk Meningkatkan Keterampilan 4 C dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah didaktika, 2(1), 239, doi: 10.26811/didaktika

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014.Teori Belajar danPembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slavin, Robert E. 2010. Kooperatif learning teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamed studio.

Suharsimi Arikunto.2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara

Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Trianto (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zumiliah Hadrann dan Desma Yulia .2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Srtategi Index Card Match . Cahaya Pendidikan, Vol. 5 No.1: 65-73.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.