Problematika Pembelajaran Ilmu Faraidh di Tingkat SLTA Serta Alternatif Solusinya

Agus Sulistyo, Suyadi Suyadi, Wantini Wantini

Abstract


Materi pembelajaran mawaris digolongkan sebagai materi pembelajaran yang sulit oleh siswa sekolah menengah, bahkan mahasiswa. Tak banyak siswa atau orang yang berkeinginan medalami bidang ilmu mawarits karena materinya cukup rumit dan berkaitan dengan matematika. Paper ini mengidentifikasi problema pembelajaran mawarits di level sekolah menengah. Dari kajian yang dilakukan, dapat digarisbawahi bahwa problem tersebut dapat berasal dari guru, siswa, strategi dan model pembelajaran, materi dan sumber belajar serta alokasi waktu pembelajaran. Alternatif solusi yang dapat penulis sampaikan adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan interaktif, penggunaan media pembelajaran yang menarik,serta memperkuat pemahaman konsep siswa khususnya pada materi pecahan karena sangat berkaitan dengan penghitungan dan pembagian harta waris dalam Islam.

Keywords


Kata kunci: ilmu faraidh, mawaris, harta waris, pelajaran fiqih

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Al-Utsaimin, M. bin S. (2017). Panduan Praktis Hukum Waris Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shahih. Pustaka Ibn Katsir.

Ar-Rifai, M. N. (1999). Ringkasan Tafsir Ibn Katsir. Jakarta: Gema Insani Press.

Arinamilati, A., Studi, P., Matematika, P., Pendidikan, J., Dan, M., Keguruan, F., … Tanjungpura, U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintegrasi al-Quran dan al-Hadits Materi Pecahan Kelas VII di SMP. FKIP Untan Pontianak, 2(1), 1–12.

Ash-Shabuni, M. A. (2019). Kitab Ilmu Waris: Mengupas Persoalan Warisan Sesuai al-Qur’an dan Hadits. (E. Erfinanto & A. Majid, Eds.). Jakarta Selatan: Turos Pustaka.

Azhar Arsyad. (2017). Media Pembelajaran (20th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Azhar, I., & Nafisah, U. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran faraid kelas IX MTs. Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Darajat: Jurnal PAI, 1(1), 66–77.

Bahari, A., Syafwan, H., & Azmi, S. (2021). Pembuatan media edukasi interaktif pembagian harta warisan menurut Islam berbasis multimedia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 31–38.

Darmawiyah, D. (2017). Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(2), 245. https://doi.org/10.22373/jid.v17i2.1642

Firdaos. (2017). Pemahaman mahasiswa STAI Sebelas April Sumedang terhadap ilmu waris. Al-Mujaddid, 1(1), 90–98.

Husein, B.M. (2020). Kesulitan belajar pada siswa sekolah dasar: Studi kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jurnal Cahaya Pendidikan, 6(2), 56-67.

Juhdi, K. I., Nursuprianah, I., & Misri, M. A. (2017). Hubungan Pemahaman Konsep Pecahan dan Aturan Radd dalam Ilmu Faraid terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian Harta Warisan. Holistik - Journal For Islamic Social Sciences, 2(1), 29–44.

Kusumah, I., Soperiadi, A., & Rostarina, L. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mawarits. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35793/jtek.7.3.2018.23640

Minarni, D., Isa, I. G. T., & Yanik, A. (2018). Aplikasi Bagi Waris Islam dengan Metode Forward Chaining berbasis Web. Jurnal Online Informatika, 2(2), 127. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.107

Mufris, A. (2014). Implementasi Pembelajaran Fiqh Mawarits Di Madrasah Aliyah. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1(2), 230–242. https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i2.569

Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin. (2017). Panduan Praktis Hukum Waris Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shahih. Jakarta: Pustaka Ibn Katsir.

Mursid, A. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Mutu Proses dan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 2 …. Jurnal An-Nizam, 2(1), 13–24. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/270220164.pdf

Netriwati, N. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Tentang Pembelajaran Pecahan Pada Soal Fara’id. Analisis, XVI(1), 205–224

Nurdin, M. (2019). Hubungan pemahaman materi bilangan pecahan dengan kemampuan mengerjakan soal-soal mawaris pada mata pelajaran fiqih di MA Muhammadiyah Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim.

Nurjanah, T. (2019). Model-Model Pembelajaran Ilmu Fara’idh. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 225. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.365

Romadhon, A. F., Zein, A., & Nahar, S. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Yusuf. Edu Riligia, 1(3), 369–381. Retrieved from http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1877042815034989

Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’id. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 76–96.

Saebani, B. A. (2015). Fiqh Mawaris. (M. A. Djaliel, Ed.). Bandung: Pustaka Setia.

Suryani, N., & Setiawan, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: Rosda.

Wahidah, W. (2018). Relasi Setara antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Kasus Kewarisan Islam (Fara’id). Syariah:Jurnal Hukum Dan Pemikiran, 18(1), 65–86. https://doi.org/10.18592/sy.v18i1.2144

Wahyudi, D., Haq, F., & Budiawan, R. (2020). Aplikasi belajar hukum waris (FAR-AID) bagi siswa SMA berbasiskan android. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 3978–3987.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.