Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Batam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XII SMKN 5 Batam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMKN 5 Batam. Sampel penelitian adalah kelas XII Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu sampel untuk hipotesis 1 dan 2 serta uji-t 2 sampel independen untuk hipotesis 3 dengan taraf keyakinan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model permbelajaran think-pair-share terhadap kemampuan komunikasi matematissiswa; (2) Tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, N. (2015). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematika untuk Siswa SMP. Research and Development Journal Of Education, Vol 2, No. 1, 29-40.
Amalia, P & Surya, E. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Statistika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan TPS. Kreano: Jurnal matematika kreatif inovatif . Vol. 8 No. 1: 8-14.
Aminah, S, Wijaya, T.T, Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1, 15-22
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fahrullisa, R, Putra, F.G & Supriadi, N. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika .Vol. 2, No. 2, 145-152.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Mahmudi, Ali. (2006). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 175-182.
Nurjaman,A.(2015).Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Didaktik, Vol. 9, No. 1, 1-9.
Prihastuti, L. &. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Derivat, Vol. 1, No.1, 29-34.
Putra, F. G. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2. 203 – 210.
Riduwan & Sunarto. (2012). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press. RosmainiP. U. (2016). Belajar Olah Data dengan SPSS, MINITAB, R, MICROSOFT EXCEL, EVIEWS, LISREL, AMOS, dan SMARTPLS (disertai dengan beberapa contoh perhitungan manual). Medan: Art Design, Publishing & Printing.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Vitriani, J. Sri E. & Muhammad S. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, 45-49.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.