Efektivitas model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas XII SMAN 5 Batam
Abstract
Penelitian ini bertujuanuuntuk mengetahui efektivitas model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMAN 5 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 5 Batam. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 46 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 yang berjumlah 46 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan instrumen tes sebanyak 5 butir soal uraian yang validitas dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang meliputi uji one sampel t-Test dan independent sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data, 1)Model pembelajaran Generatif efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPS SMAN 5 Batam Tahun Ajaran 2021/2022. 2)Model pembelajaran Direct Instruction tidak efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPS SMAN 5 Batam Tahun Ajaran 2021/2022. 3)Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran Generatif dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMAN 5 Batam Tahun Ajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, Herry, S. (2017). Efektivitas Penerapana Model Pembelajran Langsung Berbantu Multimedia Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Lampung: Universitas Islam Negri raden Intan Lampung.
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP kelas VII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 4 (2).
Firmansyah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta.Jurnal Pendidikan, 11(1).
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hasruddin, H. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Jurnal Pelita Pendidikan. 6 (4).
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis. 4 (2)
Lubis, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea. 9 (1)
Nuraini, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan, 25(31). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Qowim, A. (2020). Metode Pendidikan Islam Persepektif Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam. 3 (01)
Rizki, F. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Generatif dengan Direct Instruction pada Materi Pokok Usaha dan Energi di kelas XII Semester I madrasah Aliyah Negri 1 Takengon T.P 2012/2013.Medan: Universitas Negri Medan.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sholehah, B. (2018). Pendidikan Akhlak Persepktif Al-Ghazali. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7 (2).
Sudarsana, I. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. 1 (1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitati R&B. Bandung: Alfabeta
Taufiq, A (2018). Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Huku Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 3 (10).
Watanabe, M & Shank, L. (2013). The Effect of Using Direct Instruction to Teach Coin Counting and Giving. Intern
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v8i1.4158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.