Peningkatan Kemampuan Menulis Matematika Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Yessy Yusnita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan menulis matematika mahasiswa yang diajarkan dengan model Think Talk Write (TTW) lebih meningkat dibanding mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Padang (ITP) terdiri dari 5 kelas. Penelitian ini adalah pre-experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas TS-SEM2-A sebagai kelas eksperimen dan TS-SEM2-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah mahasiswa masing-masing kelas 35 mahasiswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran TTW, sedangkan kelas kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji t satu arah dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis matematika mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) daripada mahasiswa diajarkan dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


Kemampuan menulis matematika, Think Talk Write, pre-experimental design

Full Text:

PDF

References


Adhyaksono R,Syafei I, P. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Buku Saku Digital Terhadap Pemehaman Konsep Matematis. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XI(2), 70–76.

Ain, Siti Q & Mulyani, E. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunjuk Ajar, 1(1), 1–16.

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi matematik, Strategi berfikir dan Manajemen Belajar, Konsep dan Aplikasi. Pena.

Ayuningrum, S. M., Budiyono, & Kurniawati, I. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(5), 413–420.

Aziz, A., & Yusnita, Y. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 05 Batam. Jurnal Pythagoras, 6(2), 106–114.

Esterina N, Tiro A, M. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Kritis Siswa. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 27–33.

Hardiyanto, W & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116–126.

Herdyani, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think – Talk – Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–12.

Husna, A. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think, Talk, Write Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Kecamatan Lembah Gumanti. Jurnal Cahaya Pendidikan, 2(1), 15–25.

Kusuma, J. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STIE Bina Bangsa Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 36–47.

Lesmana, I. (2019). Penerapan TTW (Think, Talk, Write) Dengan Roda Matika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD. Malih Peddas, 9(2), 149–157.

Malikhah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Melalui Model Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 95–106.

Monariska, E. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19.

Muhlisotin, I. dkk. (2021). Implementasi Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 207–216.

Novianti, K. dkk. (2017). Penerapan Model Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 170–175.

Nugroho, A. A. Sutopo, & Pramesti, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) untuk Meningkatkan Kemampuan Komuikasi Matematika dan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(2), 145–150.

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal THEOREMS, 2(1), 74–85.

Pratiwi, A.R & Qohar, A. (2020). Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Matematika, Jurnal Pendidikan, 11(1), 99–109.

Qurohman, M. T. (2018). Think to Talk Write Learning Mathematics Tool Hands on Activity. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(3), 95–99.

Sari Putri, P, Soeyono, Kuswardi, Y. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Kartu Masalah Dan Think Pair Share Berbantu Kartu Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 316–327.

Setyaningrum E & Istiqomah. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think – Talk - Write Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suningsih, A, Kusmayadi, T. A, & Riyadi, R. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dan TPS Pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 411–421.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Grup.

Winayawati, L. dkk. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 2(1), 65–71.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v8i2.4501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.