The role of intra-school student organizations in improving student discipline through Madrasah Darussalam organization of the class manager

Lutfi Ainun Nafiah, Nurul Hidayati, Khozinatul Asrori

Abstract


Kedisiplinan merupakan prioritas dalam pendidikan. Dengan kedisiplinan siswa akan berkembang dengan baik dari segi afektif, psikomotorik, dan mendukung perkembangan siswa.. Bentuk dari pembelajaran tanggung jawab dan kedisiplinan bagi siswa berupa organisasi yang dijalankan oleh siswa sendiri dibawah kendali penanggung jawab kesiswaan. Secara tidak langsung organisasi siswa intra sekolah pun mempengaruhi budaya kedisiplinan siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggali fungsi dari organisasi, indikator kedisiplinan siswa, dan peran organisasi siswa intra sekolah dalam meningkatkan kediiplinan siswa. Penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di Madrasah Darussalam Krempyang, penggalian data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fungsi Organisasi Pengurus Kelas (OPK)  yaitu: menjadi motivator, wadah kesiswaan, wadah siswa untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki, melalui kegiatan ekstra kurikuler seperti: pidato, jamkur, pramuka, training, pralantas dan pembinaan kedisiplinan. Faktor yang mampu mempengaruhi kedisiplinan siswa di Madrasah Darussalam: Keteladanan pemimpin, Sanksi dan hukuman yang sesuai dengan tingkat pelanggaran, Kesadaran diri, yang dibentuk dan dipaksa melalui peraturan dan tata tertib.


Keywords


Intra-School Student Organization (OSIS), Madrasah, Student Discipline

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Syarif, dan Jatu Wahyu Wicaksono. 2020. “Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SDN 39 Kota Ternate.” Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, no. 1: 1–20. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17743.

Anggriati Ledu Ngaba, Elsy Senides Hana Taunu. 2020. “Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sma Negeri.” Satya Widya XXXVI (2): 125–32.

Damayanti, Tri Setya, dan Hesti Sadtyadi. 2022. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran Agama Buddha.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (2): 96–105. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i2.1666.

Fiana, Fani Julia, dan Mursyid Ridha. 2013. “Disiplin Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling.” KONSELOR Jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 (23): 26–33.

Fibrianto, Alan Sigit, dan Ananda Dwitha Yuniar. 2020. “Peran Budaya Organisasi Dalam Pembentukkan Karakter, Etika Dan Moral Siswa Sma Negeri Di Kota Malang.” Jurnal Analisa Sosiologi 9 (1): 267-282 https://doi.org/10.20961/jas.v9i1.41372.

Garin Ocshela Anggraini, Maya Mustika Kartika Sari. 2019. “Pendidikan Politik Oleh Keluarga Bagi Pemilih Pemula Di Desa Ngares Kecamatan Trenggalek.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 07: 02: 1038-1052 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/30125%0

M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Manshur, Ahmad. 2019. “Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 95–113.

Marotang, Wirna. 2020. “Tingkat Kedisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa Smp Kristen Bombanon.” Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling 2 (2): 78–83. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.663.

Maulana, Encep imán, Gin Gin, Prada Rakashiwi, M. Dikri Abdillah, and Taufiq Nurhadi. n.d. “Literature Review: Hubungan Psikologi Pimpinan Dan Karyawan Di Dunia Kerja.” Senmabis: Converence Series Prosiding 2022 2 (1): 144

Najmuddin, Fauzi, Ikhwani. 2019. “Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus Di Dayah Terpadu (Boarding School).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2): 183–206.

Nastiti, Defika Putri, Sigit Santoso, and Sudiyanto Sudiyanto. 2021. “Model Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik: Sebuah Kajian Literatur.” Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet) 1 (62): 321–36. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5459.

Puspita, Tanti Reni. 2013. Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Pemahaman dan Budaya Disiplin. Skripsi: 183–94.

Robert F. Putnam, James K. Luselli, Marce W. Handler, Gretchen L. Jefferson. 2003. “Evaluating Student Discipline Practices in a Public School through Behavioral Assessment of Office Referrals.” Behavior Modification 27 (4): 505–23. https://doi.org/10.1177/0145445503255569.

Rofiqoh, Putri Ainur, Afny Wahdiatul Hikmah. 2022. “Internalisasi Etos Kerja Islam Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Urusan Agama Siliragung”. Universitas Islam, Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember: 55–59.

Sari Putri Pujianti, Laras, dan Ilham Fajar Suhendar. 2019. “Peranan Osis Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Di SMA Plus PGRI Ciranjang.” Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan 9 (2): 2622–8718.

Setiawati, Isye, dan Mai Zuniati. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Karya Sayyid Usman Dan Buya Hamka.” Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Kurikulum Nasional 2 (2): 1–13.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Ansori, dan Dinno Mulyono. 2023. “Dampak Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 11 Bandung. Jurnal Comm-Edu 6 (2): 233–239. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.9470.

Syafriani, Yuni, dan Suci Ramadhani. 2023. “Budaya Organisasi Dan Dampak Organisasi Terhadap Lembaga Pendidikan.” Masaliq 3 (1): 77–85. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i1.790.

Syafrizal, S. 2023. “Penegakan Disiplin Guru Piaud Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah.” Tarbiyatul Aulad, 125–45. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/5784.

Yusmuliadi, dan Andi Agustang. 2021. “Peranan Osis Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Di Sma Negeri 3 Barru.” Journal Of Sociology Education 1 (3): 44–53.

Yusuf, Ramayani, Heny Hendawati, dan Lili Adi Wibowo. 2020. “Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial 1 (2): 506–15. https://doi.org/10.38035/JMPIS.

Zuhairini dkk. 1989. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v9i1.5141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.