Utilizing social emotional learning to increase the learning motivation of elementary school
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Anas, M., Fadhilah Umar, N., & Harum, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebahagiaan Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 6(1), 51–64. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/jurkam/article/view/2123
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201
Asmawati, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Cahaya Pendidikan, 7(1), 37–50. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2821
Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1), 16-28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630
Azis, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 81–97. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47-53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Ika W, C., Harimukthi, M. T., Kusuma, O. D., Yo, R., & Sari, T. S. (2020). Paket Modul 2 Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Indriawati, M., & Tampubolon, H. (2017). Analisis Efektivitas Program Socio Emotional Learning (Sel) Dalam Membangun Karakter Dan Harga Diri Anak Di Sekolah Victory Plus. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 164-178. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2956.
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51
Leniwati. (2022). Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional. https://fliphtml5.com/icrbl/jiva/basic. Diakses pada 11 Juni 2023 pukul 21.00 WIB.
Lesi Ayu, G. F., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. In Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69-79 . https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7876
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53-63. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.5642.
Moningka, C. (2022). Modul Mata Kuliah Inti Pembelajaran Sosisal Emosional. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nurdin, M. N., Yusmansyah, Y., & ... (2019). Upaya Meningkatkan Empati Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(3), 11-26. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19034
Putu Vadia Asti Riandini, I Gde Wawab Sudatha, D. P. P. (2022). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 468–478. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53449
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”: 289-302. Gorontalo, 25 November 2021: Pascasarjana Universitas Gorontalo.
Rasyid, H., Sukardi, S., & Pujiastuti, E. T. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Al-Hikmah Pulo Gadung, Jakarta Timur Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Industri, 23(2), 514-521. https://doi.org/10.35137/jei.v23i2.738
Sari, T. W., & Santoso, B. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 113-118. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9463
Seco, V. Y. R., & Cendana, W. (2022). Penerapan Refleksi Pribadi Untuk Membantu Guru Menjalankan Peran Sebagai Fasilitator Pada Pembelajaran Daring. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 103–116. https://doi.org/10.53977/ps.v1i02.371
Sigit Prasetyo, A. S. P. (2020). Penggunaan Media Meja Belajar Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Pada Siswa SDN Pengkol 1 Kecamatan Mantingan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Olahraga dan Prestasi, 16 (1), 34-42. https://doi.org/10.20961/rumi.v16i1.43595
Trinoval, Z., Sari, R., & Nini. (2018). Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Bidang Studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–17. http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v8i1.2143
Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). 964-972 .https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v9i2.5338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.