Systematic Literature Review: An exploration of teacher competencies in inclusion education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229
Asyari, D., Kamila, J. T., Nurnanzhiifa, K., Rahmawati, L. C., & Dewi, M. S. (2023). Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar Non-SDLB. Journal on Education, 5(2), 3830–3839. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1067
Ediyanto, Asep Sunandar, Wiwik Dwi Hastuti, & Putri Kartika Ningsih. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi melalui Pendampingan Terstruktur (Perencanaan, Tindakan & Pengamatan, dan Refleksi). Soeropati, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.35891/js.v4i1.2757
Ekawarna, E., & Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 195–205. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519
Fitriani, D., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 18. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093
Imam Yuwono, & Mirnawati. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2015–2020. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Indrianto, N., & Rochma, I. N. (2020). Kolaborasi Antar Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Inklusi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 165. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a6.2020
Jamiin, M. P. (2019). Kompetensi Pedagogik Dan Sosial Guru KelasDalam Pendidikan InklusiDi Sdn Balirejo Yogyakarta. Journal Fitrah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima, 10(2), 1–16.
Jumadi, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar nklusi Al Irsyad Al islamiyyah Depok. UNISAN Jurnal : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 84–90.
Kawakip, A. N., Mukmin, M. I., Ayu, S. C., Muslim, A. Q., Islam, U., Maulana, N., Ibrahim, M., Malang, U. B., & Online, A. (2023). Pengelolaan Sekolah Inklusi: Studi Multi Situs Pada Sekolah Islam Di Jawa Timur. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 103–121. https://doi.org/http://doi.org/10.32478/evaluasi. v7i1.1237
Nada, R. K. (2022). Studi Analisis Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Inklusi SD Internasional Islamic School. STAINU Purworejo: Jurnal As Sibyan, 06(01), 56–78. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article/view/298%0Ahttps://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article/view/298/178
Nia Uzlifatun Ni’mah, Adinda Nur Istirohmah, Hamidaturrohmah, A. W. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 345–353.
Nirmala, S. (2022). Guru Pembimbing Khusus (GPK) di Sekolah Inklusi Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393–402.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Menteri Pendidikan Nasional 245 (2007).
Rahman, R., Sirajuddin, S., Zulkarnain, Z., & Suradi, S. (2023). Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1075–1082.
Sulaiman, J., & Ismail, S. N. (2020). Teacher competence and 21st century skills in transformation schools 2025 (TS25). Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3536–3544. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080829
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152
Yulia Anjarwati, Purbasari Wiwin Hendriani, N. H. Y. (2021). Perkembangan Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan, 77(1), 50–55.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v10i1.5820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.