PEMANFAATAN AUTOGRAPH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) AUTOGRAPH USE AS A LEARNING MEDIA WITH MATH APPLYING THE MODEL OF LEARNING BASED PROBLEM (LBP)
Abstract
Tulisan ini mengkaji tentang pemanfaatan autograph sebagai sumber belajar matematika yang dikombinasikan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pembelajaran yang dimulai dengan masalah dunia nyata sehingga siswa agar dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan kemampuan berpikir yang dimilikinya, dengan mengacu pada lima langkah pokok, yaitu: orientasi siswa pada masalah, mengorganisir siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Autograph adalah software software yang sangat serbaguna dan dinamis sebagai media pembelajaran untuk belajar dan mengajar matematika tingkat menengah berupa menggambar titik, ruas garis, vektor, garis, poligon, irisan kerucut, dan kurva dua dimensi. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan autograph dapat meningkatakan pemahaman konsep, penalaran, kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, PBL, dan Autograph
This paper examines the use of autographs as a source of learning mathematics combined with Problem Based Learning (PBL). Problem-based learning is a learning that begins with real world issues so that students in order to construct his own knowledge with the ability to think it has, with reference to the five main steps, namely: orientation of students on the issue, organizing students to learn, guiding the investigation of individual and group, develop and present the work and analyze and evaluate the problem-solving process. Autograph software is software that is very versatile and dynamic as a learning medium for learning and teaching mathematics in the form of a mid-level draw point, line segment, vector, line, polygon, conic sections, and two-dimensional curve. By implementing problem based learning model that utilizes autographs can increase the understanding of concepts, reasoning, critical thinking skills and students' mathematical communication.
Keywords: Learning Mathematics, PBL, and Autograph
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Afriati,V. dan Saragih, S. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswasmk Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph (The Increase Of Smk Student’s Conceptual Understanding Of Trigonometric Function Graph Through Guided Inquiry Using Autograph). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 4, Desember 2012.
Burris, S & Garton, B.L. 2007. Effect of Instructional Strategy on Critical Thinking and Content Knowledge: Using PBL in the Secondary Classroom. Journal of Agriculture Education, 48 (1): 106-116.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Graff. ED. 2003. Characteristic of Problem Based Learning. Int J.Eng Ed, Vol 19, No 5: 657-662.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, Vol 1 No. 1: 47-56.
Majerek, D. 2014. Application of Geogebra for Teaching Mathematics. Advances In Science and Technology Research Journal. Vol 8 ( 24): pp 51-54.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: USA.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Peofesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thobroni,M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Zabit. 2010. Problem Based Learning on Students Critical Thingking Skills In Teaching Business Education In Malaysia: A Literature Review. American Journal of Business Education, Vol 3 No 6: 19-32.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v2i1.604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.