The influence of probing prompting learning model on junior high school critical thinking skills in science subjects
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45-53.
Amalia, N. F., & Minarti, I. B. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah. Media Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan pengajaran,17(1), 152-160.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. 1–30.
Fridayani, J. A., & Kusuma, S. E. (2023) Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. Sleman: Sanata Dharma University Press.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hardisman. 2020. Tanya Jawab Analisis Data: prinsip Dasar dan Langkah-Langkah Praktis apilkasi pada Penelitian Kesehatan dengan SPSS. Bogor: Guepedia
Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. 1(1), 34–48.
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., Supeno. (2022) Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20-29.
Muchsin., ZAkiah., & Maqfirah. (2023). Pendekatan Kontruktivisme dengan Menggunakan Model Probing Prompting Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 3(4), 41–51.
Nugroho, B. A., Zaini, M., & Arsyad, M. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Materi Konsep Ekosistem Menggunakan Model Inkuiri Dipadu Kooperatif. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 13(2), 64–73.
OECHD. 2023. PISA 2022 Results. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/indonesia-c2e1ae0e/. [Diakses pada 23 Desember 2023]
Pratiwi, R., Hikmawati., & Guanada, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 1–23.
Putra, H. S., & Sylvia, I. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Probing prompting Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(3), 273–281.
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 385–394.
Rizkika, M, Putra, P. D.A., & Ahmad, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal. 7(4), 41–48.
Sa'adah M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrokarbon untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 184–194.
Safitri N. K. D. A., Endrawan., I. P. E., & Anggreni, N. L. P. Y. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Smk PGRI 3 Badung. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains , 9(1), 76 - 88.
Soleha. T. Y., Indrayati, H., & Widyaninrum, I. 2022. Model Pembelajaran Probing Prompting Menggunakan Papan Mamiku pada Materi SPLDV terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3),3266-3276
Sudyana, I. N., Sudrahat, D., Sudadi., Fitriyah, H., & Pranajaya, S.A. (2022). The Influence of The Probing Prompting Learning Model on The Development of Students’ Critical Thinking Ability. Journal on Education, 6(1), 3571-3577.
Sulistiana, D. (2020). Pengaruh Model Probing Prompting Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Smp. Ujmes, 5 (02), 20-34.
Yulianta, A.G. 2021. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP. Cahaya Pendidkan, 7(1), 1-11.
Zuriyati, H. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting pada Materi Sistem Gerak Kelas Xi IPA. Cahaya Pendidikan, 8(1), 12-23.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v10i1.6153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.