Development of integrated science teaching module Pamekasan's local potential for training students' collaboration skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ardila, Y., & Sutoyo, A. (2019). Keefektifan Kelompok Psikoedukasi dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Edukasi, 5(1), 34–49.
Cahyaningtyas, F., Fathul, N., & Mohamad, F. (2021). Pengembangan LKPD IPA Materi Perubahan Wujud Benda dengan Metode Eksperimen Kelas V SDN Karangbendo 01 Kabupaten Blitar. Patria Education Jurnal (PEJ). 1(2), 9—20. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej/index.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Jurnal Pahlawan, 18(2), 18—22. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/.
Greeinstein, L. (2012). Assessing 21th Century Skill. California: Corwin.
Kristanti, D., & Sri, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Maju. 4(1), 38—50.
Marlin, W. dan Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosinding Sendika, 5(1).
Mawaddah, R., Retno, T., & Fahmi, I. (2022). Kelayakan LKS Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD/ MI. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(1), 1-14.
Purnawanto, A., T. 2022. Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy. 20(1), 75—94.
Putri, A. A., & Ahmad, Q. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Saintifik 5M untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Sistem Pernapasan. Pensa e-jurnal: Pendidikan Sains. 9(1), 7—16.
Putri, A. F., Ishmatun, N., & Kunti D. A. A. (2023). Pengembangan Media Google Sites Berbasis Ethno Sains pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 433—442.
Scoular, C., Duckworth, D., Heard, J., & Ramalingam, D. (2020). Collaboration: Skill Development Framework. Austrlian Council for Educational Research. https://reasearch/acer/edu.au/ar_misc/42.
Setiawan, R., Nukmatus, S., Ferra, D. A., & Salim, N. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 40—50. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardjono & Haribowo, R. (2022). Buku Ajar Soft Skill dan Kepemimpinan. Makassar: Nas Media Pustaka.
Sunbanu, H. F., Mawardi., & Krisma, W. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.3(4), 20—38. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260.
Takdir, M., & Mohammad, H. (2021). Revitalisasi Kesenian Batik sebagai Destinasi Wisata Berbasis Budaya dan Agama: Peran Generasi Muda dalam Mempromosikan Kesenian Batik di Pamekasan Madura. Mudra Jurnal Seni Budaya. 36(3), 366—374.
Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childre: A Sourcebook. Washington D. C.
Tuti, K. N., & Mawardi. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournaent pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 05 Angan Tembawang. Jurnal Basicedu, 3(2). 320-325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.9.
Yuliani., Susanti., Sari, K. D., & Novita, K. I. (2021). Pendampingan Pengrajin Batik di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur. Jurnal Abdi. 7(1), 160—168.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v10i2.6539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.