Analysis of the role of the merdeka Mengajar Platform in teacher self-development at SDN 7 Suwawal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambawani, C. S. L., Maryani, D., Cholidah, N., Sumardi, S., & Muhibbin, M. (2024). Evaluasi dan tindak lanjut pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM). Journal of Education Research, 5(2), 2121–2128. Https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1010
Andriani, A., Hidayati, A. N., Abdullah, F., Rosmala, D., & Supriyono, Y. (2022). Menulis sebagai refleksi pengembangan diri dan profesionalisme guru. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(4), 692–698. Https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.11961
Anggraini, G., & Winarti, W. (2023). Problematika penggunaan platform merdeka mengajar (PMM) pada daerah tanpa jaringan listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112. Https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534
Anwar, C., & Utami, R. P. (2023). Analisis problematika guru dalam membuat aksi nyata pada platform merdeka mengajar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 353–360. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.385
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. Https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis pemanfaatan platform merdeka mengajar oleh guru ppkn untuk akselerasi implementasi kurikulum merdeka. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Attalina, S. N. C., Efendi, A., Niswah, N., & Nugroho, V. A. (2024). Efektivitas media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman materi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 31–43. Https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2599
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar melalui platform merdeka mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. Https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 352–370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. Https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis kemampuan guru dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran di era digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297–303. Https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555
Ismail, S. (2023). Kreativitas guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam pada sekolah dasar. Journal on Education, 05(03), 10399–10408. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. Https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Lena, S. M., Sahrun, N., Ola, K. P., & Husna, H. R. (2023). Penggunaan platform merdeka mengajar (PMM) untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 177–185. Https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1816
M Akbar, M., Ernawati, & Setywan, D. (2023). Problematika guru dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika kelas VII di SMPN 20 Simbang. GENIUS: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.58227/gjipp.v1i1.89
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan platform merdeka mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. Https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Murdiana, Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , 5(2), 153–160. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450
Putri, M., Azzahra, N., Lestari, W. D., & Arini. (2024). Implementasi inovasi pembelajaran berbasis discovery learning melalui pemanfaatan media pembelajaran secara efektif di SDN Bojong Kiharib. Karimah Tauhid, 3(3), 3449–3457. Https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12570
Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM) untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 113–122. Https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2929
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan platform merdeka mengajar (PMM) pada guru sekolah dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. Https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Rohimat, S. (2022). Webinar strategi penyelesaian pelatihan mandiri kurikulum merdeka pada platform merdeka mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251
Rohman, M. A., Fauziyah, A., & Atikah, C. (2024). Pemanfaatan platfrom merdeka mengajar (PMM) dalam implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Pontang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 207–217. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13415
Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus : SDN Dukuh, Sukabumi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77–85. Https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9996
Saifullah, A. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar melalui in house training (IHT) di Mts Negeri 1 Sidoarjo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 515–528. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2
Samsinar, S. (2019). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205. Https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959
Sari, M., Rambe, Y. M., & Srizkiani, E. (2024). The efforts to improve learning result in integrated IPS with cooperative models of NHT types. CAHAYA PENDIDIKAN, 9(2), 203–219. Https://doi.org/10.33373/chypend.v9i2.5555
Sasmita, P., Yeni J, F., & Amsal, M. F. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7431–7445. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13523
Sutriyani, W. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa pgsd era pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i1.1486
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. Https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111
Virgiyanti, D., Dewi, I. K., & Zuliani, R. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui in house training (IHT) di SDIT Darul Ulum. ANWARUL, 3(4), 751–766. Https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1335
Wibowo, G. W. N., Cahya, F. D. A., & Sofiyati, A. (2023). Pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi canva untuk meningkatkan kreativitas guru dalam memanfaatkan PMM (Platfom Merdeka Mengajar). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(2), 76–80. Https://doi.org/10.56854/jphb.v1i2.56
Zaim Fida, Rizqi Haidaroh, & Muhammad Miftah. (2024). Implementasi, monitoring dan evaluasi platform merdeka mengajar (PMM) pada satuan pendidikan pada Mts Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Kudus. JEID: Journal of Educational Integration and Development , 4(1), 42–54. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i1.317
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. Https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v10i2.7043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.