Karamentang Sungai Tutung: Application of ethnomathematics in learning mathematics reflection transformation material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, S., & Septiani, I. (2020). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 83. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.966
Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C., Suparto, Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M., Prihastuty, D. R., Maswar, Syukrilla, W. A., Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023). Pengantar Statistika. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/71187/1/Andi Asari - Pengantar Statistika.pdf#page=106
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2007). C. Sage Publications.
Darwis Abroriy. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44
Elmiyanti, S., Zuhdi, A., & Mirdad, J. (2022). Nilai-Nilai Dakwah Dalam Adat Kanduhai Sko Di Desa Sungai Deras Kabupaten Kerinci. Jurnal Riset Publikasi Mahasiswa, 2(1), 1–20.
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara, 1–27. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Hasanah, D. I. I., Syarif, A., Ni’mah, L., Cahya, N. D., Mukti, S. A., & Bambang Eko Susilo. (2022). Pendekatan Etnomatematika pada Materi Bangun Datar dengan Berbantuan Media Batik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(5), 910–913. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Helida, A., Zuhud, E. A., Hardjanto, H., Purwanto, Y., & Hikmat, A. (2016). Perhelatan kenduri sko sebagai sebuah pesan kebudayaan masyarakat Kerinci di taman nasional Kerinci Seblat. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 29(1), 34–43. https://doi.org/10.20473/mkp.v29i12016.35-45
Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed methode research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402–2410. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21905/15436
Ikhwal, M., Minarsih, M., Puspita, S. D., Alfaidzi, M. H., & Afifah, N. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Etnosains pada Upacara Adat Kenduri Sko di SMA. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(1), 115–123. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v17i1.13334
KEPUSTAKAAN, D., & Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta 2013. JPM IAIN Antasari, 1(2).
Linda, N., Akmal, A., & Munaf, Y. (2021). Kreasi Kuluk Kerinci Dari Anyaman Pandan. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(2), 356. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.27454
Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 164–176. https://www.kemdikbud.go.id
Parjaman, T., & Akhmad, D. (2019). Pendekatan Penelitian Kombinasi: Sebagai “Jalan Tengah” Atas dikotomi Kuantitatif-Kualitatif. Jurnal Moderat, 5(4), 530–548. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat
Pitri, N., Herwandi, H., & Lindayanti, L. (2019). Motif dan Makna Simbolis Batik Incung Kerinci Perspektif Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik 2019, 1–16. https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/9
Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99–105.
Rizky, V. B., & Nasution, A. T. (2024). Model Pembelajaran Etnomatematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUCOFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 57–70.
Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi Budaya Melalui Pembelajaran Matematika Bermakna di Sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 1(1), 113–118.
Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. Elektronik Universitas Cendrawasih, 1(1), 1–8.
Yulia, P., & Jamaliah, S. (2016). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pmri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Pythagoras, 5(2), 158–164.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v10i2.7067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.