The influence of parenting styles and environment on student morality based on educational level
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, A., Hartuti, P., & Sholihah, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa Sma di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18
Annisa Rahmah, Maria Ulfah, L. M. H. C. (2023). Pola Asuh Otoriter Orangtua Terhadap Perilaku Moral Anak di Rw2 Kelurahan Tuan-Tuan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(5), 1364–1372. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i5.64907
Commons, L. C. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murham : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144
Darmawanti, R. R. (2023). Pola Asuh Dapat Diartikan Sebagai Sistem, Cara Kerja, Atau Bentuk dalam Upaya Menjaga, Merawat, Mendidik, dan Membimbing Anak Kecil Supaya Dapat Berdiri Sendiri. IJAGAED: Indonesia Jurnal Of Islamic Golden Age Education, 3(2), 64–78. https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i1.281
Dhaifi, I., & Putri, Y. (2023). Pola Pengasuhan Dan Peningkatan Aspek Perkembangan Pengetahuan Moral Melalui Gerak dan Lagu Pada Anak Usia Dini. Atthufulah (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 3(2), 110–118.
DHIU, K. D., & FONO, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Fadlan, A., & K, N. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini. Smart Kids Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 94–100.
Fatimah, S., Damaianti, S., Eliyati, Ningsih, L. S., & Gusniawati, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak Mi di Era Digital. HYPOTESIS ( Multidisciplinary Journal Of Social Sciences), 01(02), 89–96. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/significant/article/view/922
Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampar, 1(1), 1–6. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/PEJS/article/view/305
Ika Noviana, A. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Menonton Televisi Pendidikan Dengan Nilai-Nilai Moral. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.17846
Jontrianto, Menanti, A., & Lubis, R. M. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokrasi dan Kecerdasan Emosi Terhadap Pertimbangan Moral Siswa. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 15–27.
Kuswanto, A. V., & Romadhona, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Keluarga Muda ( Toddlers And Kindergarten ) Terhadap Perkembangan. JIEEC, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i1.5140
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Listari, L. (2021). Dekadensi Moral Remaja ( Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah ). (J-PSH) Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 7–12.
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Maksum, K., & Winasih, S. K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Cimpon Desa Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2), 75–84. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).75-84
Muflihah, E., & Widyana, R. (2019). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Xi Smk X Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 318–355. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.321
Musslifah, A. R., Cahyani, R. R., & Hastuti, I. B. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak. Jurnal Talenta Psikologi, XVI(2), 5–21. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=+pola+asuh%2C++lingkungan%2C+moral+siswa++Suci.A.K.P&btnG=
Nisa’, R., Lindawati, Y. D., & Wahananto, J. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 61–70. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida
Nur’aini, F., Lubis, M., & Tasikmalaya, U. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=pola+asuh,+lingkungan,+moral+siswa+Nuraini,F.+Lubis+%26+Tasikmalaya
Prasetya, F. F. D., Setiowati, A., & Astuti, B. (2023). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Sikap Insecure Pada Siswa. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 7(1), 23–30. https://doi.org/10.47945/publik.v1i2.729
Ramadona, M., Anjani, A. R., & Putriani, R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Smk Teknindo Jaya Depok. Research and Development Journal Of Education, 6(2), 13–23. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pola+asuh%2C+lingkungan%2C+moral+siswa+Ramadona%2C+M.+Anjani+A.R.+%26+Putriani&btnG=
Risda Amini, M. F. B. S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Permisif Grandparent Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Basicedu, 7(5), 3198–3201. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Sari, O. R., & Handayani, T. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. JCP (Jurnal Cakrawala Pendas), 8(4), 1011–1019. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=+pola+asuh%2C++lingkungan%2C+moral+siswa+Sari+%26+Handayani&btnG=
Suci, A. K. P. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Anak Remaja. Jurnal Rontal Keilmuan Pkn, 4(1), 1–13. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=+pola+asuh%2C++lingkungan%2C+moral+siswa++Suci.A.K.P&btnG=
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Watulingas, F. (2022). Analisis Deskriptif Polah Asuh Orang tua terhadap Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini. LOGON ZOES (Jurnal Teologi, Sosial, Dan Budaya, 5(1), 1–13.
Wayan suastini, I. M. D. W. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Padang Panjang Sambian. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 48–57. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=+pola+asuh%2C++lingkungan%2C+moral+siswa+Wayan+suastini&btnG=
Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v10i2.7196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.