STUDI DESKRIPTIF DAMPAK ORANG TUA YANG BERKONFLIK BAGI ANAK DESCRIPTIVE STUDY OF THE IMPACT OF CONFLICTED PARENTS TOWARD CHILD
Abstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi, subjek (ST) terlihat kurang konsentrasi atau fokus pada saat mengikuti proses belajar. Hal ini disebabkan dengan adanya konflik yang terjadi dalam keluarga, dengan adanya konflik ini ST merasa keberadaannya di dalam anggota keluarga sudah tidak dipedulikan lagi.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan menggambarkan dampak konflik orang tua bagi anak.Penelitian ini dilakukan di SMP Kartini II Batam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dampak orang tua yang berkonflik bagi anak adalah kurangnya komunikasi, kurangnya kasih sayang pada anak, anak tidak mampu dapat berkonsentrasi dan fokus disaat belajar, serta tekanan psikis yang menyebabkan anak ingin bunuh diri.
Kata Kunci: Konflik Orang Tua Bagi Anak
Abstract
Based on observationas, especially during the learning process subject (ST) looks less concentration or focus on while following the learning process. This is caused by the conflict in the family, in the presence of this conflict ST feel the presence in the family member has not ignored anymore. This research was conducted using qualitative research methods descriptive, and describe the impact of parental conflict for children. This research was conducted in junior high school Kartini II Batam. Based on the research results were found in a study conducted by the researchers, that the impact of parental conflict, the child is not able to be able to concentrate and focus when studying, as well as the psychological stress that causes the child to commit suicide.
Keywords: Conflict Parents For Children
Full Text:
PDFReferences
Dasmo, dkk.(2011). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA.Jurnal Formatif 2,2: 132-139.
Gunarsa.(2009). Panduan Psikologi Keluarga dan Praktek. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Kurdek.(1994). Psikologi Keluarga. Jakarta: Pustaka Utama.
Kartono.(2000). Psikologi Pendidikan dalam Keluarga. Jakarta: Pustaka Utama.
Maria Nona. (2013). Hubungan Nilai Perkawinan dan Pemanfaatan dengan Keharmonisan Keluarga.Jurnal Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Volume 5.
Mutingatu Scholichah. (2008). Pengaruh Persepsi Remaja Tentang Konflik Antar Orang Tua dan Resiliensi Terhadap Depresi dan Kecemasan.Jurnal Humanitas 13, 1.
Mohammad. (2011). Interaksi Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Poerwandari.(2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Perfecta.
Rio Ramadhani.(2010). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Membentuk Perilaku Positif Anak Pada Murid SDIT Cordova Samarinda.Jurnal Ilmu Komunikasi 1,3: 112-121. 2013.
Siska E M. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar. Jurnal UNS 1,3: 1-13.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
----. (nd). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
----. (nd). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.