MANAJEMEN PENDIDIKAN (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Ulil Albab di Batam)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Studi Kasus dari Pola Manajemen Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA-IT) Ulil Albab Kota Batam”. Secara objektif mendiskusikan tentang: (a) pola manajemen kurikulum; (b) pola manajemen penganggaran; (c) pola manajemen fasilitas dan infrastruktur; (d) ) pola manajemen staf guru dan kependidikan; (e) pola manajemen hubungan sosial di lingkungan SMA-IT Ulil Albab Batam. Metodologi penelitian ini menggunakan kualitatif desain studi kasus. Data dikumpulkan peneliti berdasarkan hasil wawancara yaitu observasi partisipatif dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diuji nilai kebenarannya, pengertian dan keandalan melalui cara triangulasi, terorganisir, analisis, kemudian menyimpulkan masing-masing kasus dan membandingkan dengan data lain kemudian memperoleh kesimpulan.
Full Text:
PDFReferences
Allan, C. Ornstein & Francis P. Hunkins. Curriculum: Foundation, Principles, and Issues. Boston: Allyn ND Bacon, 1998.
Denzin, Norman K. Hand Book of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Edisi Bahasa Indonesia, 1998
Endang, Herawati dan Nani, Hartini. Manajemen Pendidik dan Kependidikan, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Handoko, T. Hani. Manajemen (Edisi2). Yogyakarta: BPFE, 2003.
Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2010.
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Miles, M. B. and A.M. Huberman, Qualitatif Data Analysis (Second Edition). London: Sage Publications Inc, 1994
Nuraedi dan Rosalin, Kerjasama Sekolah dan Masyarakat. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Rohiat. Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktek. Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.
Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi (Jilid 2). Jakarta: Prenhallindo, 2002.
Yin, Robert, K. Studi Kasus, Desain dan Metode (Penerjemah: Djauzi Mudzakir). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
William, G. Monahan & Herbert R. Hengst. Contemporary Educational Administration. New York: Macmillan Publishing CO., Inc, 1982.
DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v2i2.1670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.