MANAJEMEN PENDIDIKAN (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Ulil Albab di Batam)

Nasruji Nasruji

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Studi Kasus dari Pola Manajemen Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA-IT) Ulil Albab Kota Batam”. Secara objektif  mendiskusikan tentang: (a) pola manajemen kurikulum; (b) pola manajemen penganggaran; (c) pola manajemen fasilitas dan infrastruktur; (d) ) pola manajemen staf guru dan kependidikan; (e) pola manajemen  hubungan sosial   di lingkungan SMA-IT Ulil Albab Batam. Metodologi penelitian ini menggunakan kualitatif desain studi kasus. Data dikumpulkan peneliti berdasarkan hasil wawancara yaitu observasi partisipatif dan dokumentasi.  Data yang dikumpulkan diuji nilai kebenarannya, pengertian dan keandalan melalui cara triangulasi, terorganisir, analisis, kemudian menyimpulkan masing-masing kasus dan membandingkan dengan data lain kemudian  memperoleh kesimpulan.

 


Full Text:

PDF

References


Allan, C. Ornstein & Francis P. Hunkins. Curriculum: Foundation, Principles, and Issues. Boston: Allyn ND Bacon, 1998.

Denzin, Norman K. Hand Book of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Edisi Bahasa Indonesia, 1998

Endang, Herawati dan Nani, Hartini. Manajemen Pendidik dan Kependidikan, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Handoko, T. Hani. Manajemen (Edisi2). Yogyakarta: BPFE, 2003.

Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2010.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Miles, M. B. and A.M. Huberman, Qualitatif Data Analysis (Second Edition). London: Sage Publications Inc, 1994

Nuraedi dan Rosalin, Kerjasama Sekolah dan Masyarakat. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Rohiat. Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktek. Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi (Jilid 2). Jakarta: Prenhallindo, 2002.

Yin, Robert, K. Studi Kasus, Desain dan Metode (Penerjemah: Djauzi Mudzakir). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

William, G. Monahan & Herbert R. Hengst. Contemporary Educational Administration. New York: Macmillan Publishing CO., Inc, 1982.




DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v2i2.1670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.